Penerapan lesson study dengan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XII Pemasaran standar kompetensi membuka usaha eceran/ritel di SMK Kosgoro 1 Lawang) / Yovi Artha Adi Tri Priya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan lesson study dengan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XII Pemasaran standar kompetensi membuka usaha eceran/ritel di SMK Kosgoro 1 Lawang) / Yovi Artha Adi Tri Priya

Priya, Yovi Artha Adi Tri (2014) Penerapan lesson study dengan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XII Pemasaran standar kompetensi membuka usaha eceran/ritel di SMK Kosgoro 1 Lawang) / Yovi Artha Adi Tri Priya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Priya Yovi.A.A.T. 2013. Penerapan Lesson Study dengan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada siswa kelas XII Pemasaran Standar Kompetensi Membuka Usaha Ritel/Eceran SMK Kosgoro 1 Lawang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wening Patmi Rahayu S. Pd. M. M. (II) Dr. I Wayan Jaman Adi Putra M. Si. Kata kunci Lesson Study Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Aktivitas Hasil Belajar. Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan di SMK Kosgoro 1 Lawang khususnya kelas XII Jurusan Pemasaran SMK pada mata diklat membuka usaha eceran/ ritel ditemukan aktivitas siswa yang rendah dan berdampak pada rata-rata hasil belajar yang rendah. Dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa diperoleh persentase rata-rata sebesar 50 42. Hal ini terlihat bahwa sebagian siswa masih kurang antusias dalam menerima materi yang disampaikan dalam proses pembelajaran dikelas diantaranya kurang adanya kemauan siswa untuk aktif mengajukan pertanyaan menjawab pertanyaan dari guru dan mengajukan pendapat. Hal tersebut berakibat pada rendahnya hasil belajar dimana siswa masih banyak yang belum memenuhi KKM yang ditentukan hal ini dapat terlihat dari nilai rata-rata kelas ulangan harian adalah 69 87 dan sebanyak 16 siswa dari 30 siswa belum mencapai KKM yang diharapkan yaitu nilai minimal KKM adalah 75. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini dilakukan 3 siklus dimana tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan melalui 3 tahap lesson study yaitu tahap plan do see. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan lesson study model pembelajaran two stay two stray aktivitas dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi membuka usaha ritel/eceran. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas XII program keahlian pemasaran SMK Kosgoro 1 Lawang sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dan observer penerapan lesson study model pembelajaran two stay two stray berhasil diterapkan karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa setelah penerapan lesson study model pembelajaran two stay two stray terlihat cukup meningkat dari hasil observasi pada siklus I memiliki nilai rata-rata 71 37% sedangkan pada siklus II naik menjadi 80 87% dan siklus III sebesar 90 34%. Sedangkan hasil belajar ranah kognitif yang sebelumnya rendah dimana nilai rata-rata kelas 69 87% dengan terdapat 16 siswa yang tidak tuntas belajar kemudian setelah penerapan lesson study model pembelajaran two stay two stray nilai rata-rata kelas meningkat pada siklus I sebesar 75% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa dan siklus II bertambah naik menjadi 80 40% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 23 siswa dan siklus III sebesar 85 19% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 27 siswa. Peningkatan nilai rata-rata pada aspek afektif pada siklus I sebesar sebesar 77 87% meningkat pada siklus II sebesar 83 05% dan siklus III sebesar 89 66%. Dan pada hasil belajar ranah psikomotorik juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 81 61% pada siklus II sebesar 89 08% dan pada siklus III sebesar 93 01%. Saran yang diberikan pada penelitian ini adalah (1) Bagi Guru SMK Kosgoro 1 Lawang hendaknya mulai mencoba menerapkan penerapan Lesson Study model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) di dalam proses pembelajaran karena dengan menggunakan model pembelajaran akan menuntut guru dan siswa menjadi lebih aktif. Sehingga secara tidak langsung akan berpengaruh pada hasil belajar yang diperoleh siswa. (2) Bagi Siswa siswa hendaknya mempersiapkan diri dengan belajar terlebih dahulu sebelum mengikuti pembelajaran di kelas dan siswa harus bisa berkomunikasi baik dengan semua teman dalam satu kelas sehingga pada saat pembelajaran dan diskusi kelas berlangsung siswa mudah mengikuti pembelajaran. (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk lebih memperhatikan penggunaan waktu agar penelitian dapat berjalan sesuai rencana dan peneliti sebaiknya sungguh-sungguh dalam menerapkan lesson study dan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga peneliti dapat mengetahui keajegan pada aktivitas dan hasil belajar siswa di setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27836

Actions (login required)

View Item View Item