Pengaruh minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Leonardo F.G Laga - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Leonardo F.G Laga

Laga, Leonardo F.G. (2022) Pengaruh minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) / Leonardo F.G Laga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak SMK Indonesia Timur Ruteng adalah satu dari sejumlah sekolah yang berada di Nusa Tenggara Timur. Sekolah ini menyediakan berbagai sarana dan prasarana yang cukup lengkap di antara nya adalah ruang kelas 13 unit ruang laboratorium 3 ruang perpustakan 1 ruang BP/BK 1 ruang kantin sekolah 1 toilet 4 kamar mandi 2 asrama 2 garasi parkir 1 dan dapur yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran para pendidik dan peserta didik. Namun sarana dan prasarana yang lengkap tersebut belum dikatakan cukup bagi para siswa karena banyak diantara mereka yang belum pandai dan lincah dalam mengoperasikan komputer dan laptop. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMK Indonesia Timur Ruteng tahun ajaran 2021/2022 total nila rata-rata pada jurusan OTKP kelas XI XII mata pelajaran teknologi perkantoran untuk nilai rata-rata nya 78 27 dan 76 06 sedangkan pada jurusan Bisnis daring dan pemasaran kelas X pada mata pelajaran penataan produk untuk nilai rata-rata nya 76 14. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi minat belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang di gunakan ialah pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik analisis data yang di gunakan ialah analisis deskriptif koefisien determinasi serta uji t. menguji asumsi klasik ialah syarat statistika yang mewajibkan kelangsungan menganalisa regresi linier berganda berbasis OLS. Dari hasil menganalisis regresi diperoleh nilai t sejumlah 4 210 dan dengan nilai t atau signifikansi 0 000 yang dimana nilai t lt 0 05. Ini menunjukkan bahwa minat belajar berdampak signifikan bagi Hasil Belajar (Y). hasil analisis regresi didapatkan nilai t sejumlah 2.588 dan nilai t atau signifikan 0.012 yang dimana nilai t lt 0 05. Hal tersebut menunjukan bahwa fasilitas belajar berdampak sangat signifikan bagi hasil belajar. Sesuai dengan data dan hasil analisis menunjukkan minat belajar secara parsial menyumbang pengaruh positif signifikan bagi variable hasil belajar siswa. sama halnya dengan fasilitas belajar secara parsial menyumbang pengaruh positif yang signifikan bagi hasil belajar siswa jurusan OTKP dan BDP di SMK Indonesia Timur Ruteng. Kata kunci Minat belajar fasilitator belajar hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278356

Actions (login required)

View Item View Item