Pengembangan media pembelajaran berbasis prezi pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X SMK Al-Ishlahiyah Singosari Kabupaten Malang) / Handoko Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis prezi pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X SMK Al-Ishlahiyah Singosari Kabupaten Malang) / Handoko Wicaksono

Wicaksono, Handoko (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis prezi pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X SMK Al-Ishlahiyah Singosari Kabupaten Malang) / Handoko Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini berkembang begitu cepat dan pesat. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan adanya pengembangan lebih lanjut pada media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang sedang berkembang saat ini. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis Prezi pada Mata Pelajaran Otomatisasi Kearsipan pada peserta didik kelas X OTKP SMK Al-ISHLAHIYAH Singosari Kabupaten Malang (2) Mengetahui kelayakan produk media pembelajaran berbasis Prezi melalui validasi ahli materi dan ahli media (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran berbasis Prezi dengan peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Prezi. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R amp D) yang Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R amp D) yang terdiri dari 8 langkah yaitu (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk (7) Revisi Produk (8) Uji coba pemakaian. Subjek uji coba terdiri dari 6 siswa SMK Al-ISHLAHIYAH Singosari Kabupaten Malang kelas X OTKP sebagai uji kelompok kecil kemudian Uji kelompok besar yakni siswa Kelas X OTKP A yang berjumlah 22 siswa dan Kelas X OTKP B yang berjumlah 22 siswa. Produk juga divalidasi ahli materi yakni Ibu Andisah Choirotun Nisa rsquo S.Pd dan ahli media yakni Bapak Sopingi S.Sos. M.Pd. Jenis data yang digunakan kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif didapatkan dari kritik dan saran melalui wawancara dan kuisioner yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Teknik analisis kuantitatif didapatkan dari hasil instrumen validasi ahli media validasi ahli materi instrumen penilaian peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis Prezi dan hasil belajar peserta didik ranah kognitif yang kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif presentase. Pembelajaran berbasis Prezi yang dikemas dengan materi KD 3.1 dan 4.1 yang dikemas secara menarik dengan bantuan media Prezi dan dapat diakses pada smartphone dan komputer secara online sehingga peserta didik bisa mengakses aplikasi kapanpun dan dimanapun. Hasil validasi ahli materi ahli media dan 6 siswa uji coba kelompok kecil adalah lsquo Sangat Valid rsquo sehingga disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Prezi layak digunakan dalam pembelajaran Kearsipan Kelas X OTKP. Saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah mengembangkan media pembelajaran pada sistem operasi lainnya seperti aplikasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278354

Actions (login required)

View Item View Item