Penerapan model pemb elajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMNK Muhammadiyah 2 Malang) / Inung Mardianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pemb elajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMNK Muhammadiyah 2 Malang) / Inung Mardianti

Mardianti, Inung (2014) Penerapan model pemb elajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMNK Muhammadiyah 2 Malang) / Inung Mardianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mardianti Inung 2012. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan (Studi pada Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi di SMK Muhammadiyah Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Hari M.Si (II) Handri Dian Wahyudi S.Pd SE M.Sc Kata Kunci Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Hasil Belajar Siswa 12288 12288 12288 12288 Upaya yang dilakukan oleh pemerintah guna memajukan kualitas pendidikan adalah dengan menyempurnakan kurikulum yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum ini menuntut guru agar tidak selalu menggunakan metode konvensional seperti ceramah atau tanya jawab tetapi juga menggunakan metode pembelajaran kooperatif yang menuntut siswa untuk selalu aktif. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan untuk lebih memberdayakan siswa agar tidak hanya menghafalkan fakta tetapi juga mengkonstruksikan pengalaman dan pengetahuan siswa adalah model pembelajaran Group Investigation (GI). Model pembelajaran Group Investigation (GI) merupakan model pembelajaran kompleks karena memadukan antara prinsip belajar kooperatif dengan pembelajaran yang berbasis konstruktivisme dan prinsip pembelajaran demokrasi. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar dan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah yang sering terjadi dalam kewirausahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan pembelajaran yang menerapkan investigasi kelompok. Investigasi kelompok yang diterapkan terdiri atas 6 tahap yaitu seleksi topik permasalahan perencanaan kerjasama implementasi analisis penyajian hasil akhir dan evaluasi. Data dikumpulkan dengan cara observasi tes catatan lapangan angket dan dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan investigasi kelompok pada mata pelajaran Kewirausahaan berjalan dengan lancar walaupun pada saat pelaksanaan masih terdapat beberapa kekurangan. Selain itu hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan cara belajar. Peningkatan cara belajar siswa tersebut dapat dilihat dari antusiasme dan kerjasama siswa dalam belajar kelompok. Di samping itu siswa tampak aktif kreatif dan produktif dalam belajar. 12288 12288 12288 12288 Kemampuan siswa dalam pemecahan masalah pada mata pelajaran Kewirausahaan juga mengalami peningkatan. Dari 31 orang siswa yang menjadi subyek penelitian sebanyak 90 32% (28 orang) sudah tuntas belajar. Sebelumnya siswa yang tuntas di siklus I hanya 5 siswa (16 12%). 12288 12288 12288 12288 Nilai rata-rata kelas pada aspek kognitif mengalami kenaikan yaitu dari 63 54 di siklus I menjadi 84 19 di siklus II. Hal ini berarti terjadi kenaikan sekitar 20 65 yang berarti peningkatan ini cukup signifikan. Sedangkan nilai rata-rata kelas pada aspek afektif juga mengalami kenaikan. Terjadi kenaikan persentase hasil belajar aspek afektif dari siklus I ke siklus II. Di siklus I rata-rata kelas sebesar 72 26 sedangkan di siklus II sebesar 91 18. Berarti terjadi kenaikan sebesar 18 92. 12288 12288 12288 12288 Adapun saran yang dapat diberikan peneliti dari penelitian yang telah dilakukan ini adalah agar pihak SMK Muhammadiyah 2 Malang tidak hanya memakai metode konvensional dalam pembelajaran sehari-hari tetapi juga memakai metode kooperatif agar siswa lebih aktif. Berdasarkan kecenderungan peningkatan yang terjadi pada setiap siklus apabila siswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan kompetensinya secara rutin maka dapat diyakini kemampuannya akan bisa lebih ditingkatkan. Karena itu untuk meningkatkan aktivitas kreativitas dan produktivitas berpikir siswa pemecahan masalah dalam mata pelajaran Kewirausahaan perlu diberikan secara rutin dalam pembelajaran. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27835

Actions (login required)

View Item View Item