Implementasi metode direct instruction berbasis demonstrasi untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi Bahasa Indonesia / Vandianata Panji Lucky Bagaskara - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi metode direct instruction berbasis demonstrasi untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi Bahasa Indonesia / Vandianata Panji Lucky Bagaskara

Bagaskara, Vandianata Panji Lucky (2022) Implementasi metode direct instruction berbasis demonstrasi untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi Bahasa Indonesia / Vandianata Panji Lucky Bagaskara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Panji Lucky Bagaskara Vandianata. 2019. Implementasi Metode Direct Instruction Berbasis Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Korespondensi Bahasa Indonesia. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. I Nyoman Saputra M.Si. Kata Kunci Direct Insturction Kemandirian Hasil Belajar Korespondensi. Penelitian ini menggunakan metode pengajaran langsung Direct Instruction yang dilandasi oleh teori belajar perilaku yang berpandangan bahwa belajar bergantung pada pengalaman termasuk pemberian umpan balik. Pengajaran langsung adalah model berpusat pada guru yang memiliki lima langkah menetapkan tujuan penjelasan dan/atau demonstrasi panduan praktek umpan balik dan perluasan praktek. Peneliti memilih Direct Instruction berbasis demonstrasi karena metode pembelajaran Direct Instruction berbasis demonstrasi membantu siswa mengetahui tujuan-tujuan pembelajaran dengan jelas dan membantu siswa memahami jalannya suatu proses atau kerja suatu benda dan siswa dapat mengamati dengan seksama apa yang terjadi bagaimana prosesnya bahan apa saja yang diperlukan serta bagaimana hasilnya. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMK Muhammadiyah 2 Malang dan memiliki validasi sebanyak 12 siswa jurusan korespondensi bahasa indonesia Teori yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah Direct Instruction atau pembelajaran langsung adalah model pembelajaran yang menitik beratkan kepada guru yang memainkan peranan pusat dalam pembelajaran yang menggunakan peragaan dan menjelaskan untuk membantu siswa dalam menyerap informasi. Ciri-ciri model pembelajaran langsung menurut (Shoimin 2014 64) memiliki 4 fase yaitu (1) Fase Orientasi (2) Fase Presentasi (3) Fase Latihan Pembimbing (4) Fase Pemahaman (5) Fase Latihan Mandiri Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan model Pembelajaran Langsung/Direct Intruction berbasis Demonstrasi sehingga penelitian ini membantu siswa mengetahui tujuan-tujuan pembelajaran dengan jelas dan membantu siswa memahami jalannya suatu proses atau kerja suatu benda dan siswa dapat mengamati dengan seksama apa yang terjadi bagaimana prosesnya bahan apa saja yang diperlukan serta bagaimana hasilnya dan penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa. Data dalam penelitian ini menggunakan (1) Hasil tes peserta didik (2) Hasil wawancara (3) Hasil observasi dan (4) Catatan lapangan yang berisikan pelaksanaan kegiatan peserta didik dalam pembelajaran selama penelitian berlangsung. Hasil dari Penelitian ini menggunakan perbandingan nilai rata-rata hasil belajar kognitif pada siklus I dan pada siklus II. Pada siklus I diperoleh rata-rata nilai siswa sebesar 71 25 dan meningkat pada siklus II sebesar 86 25. Peningkatan dari siklus I ke siklus II tersebut sudah mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan sehingga penelitian dikatakan berhasil. Saran dan Kesimpulan Penelitian ini dibagi menjadi tiga yaitu bagi peneliti selanjutnya hendaknya lebih dikembangkan dengan penggunaan metode-metode pembelajaran jenis lain bagi peserta didik mempunyai banyak manfaat ke depannya. Dengan meningkatkan kemandirian siswa dan hasil belajar siswa meningkat. Bagi pengajar hendaknya dapat membiasakan penggunaan metode direct instruction berbasis demonstrasi pada pelajaran Korespondensi Bahasa Indonesia karena dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/278336

Actions (login required)

View Item View Item