Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X di SMK Kosgoro 1 Lawang / Andriarso Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X di SMK Kosgoro 1 Lawang / Andriarso Wibowo

Wibowo, Andriarso (2014) Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X di SMK Kosgoro 1 Lawang / Andriarso Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wibowo Andriarso. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X SMK Kosgoro I Lawang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suwarni M.Si (II) Handri Dian Wahyudi S.Pd. M.Sc. Kata Kunci motivasi belajar fasilitas di sekolah prestasi belajar Pendidikan memegang peranan penting dalam pembangunan suatu negara. Pendidikan tidak lepas dari kegiatan belajar. Dalam kegiatan belajar motivasi merupakan daya penggerak atau pendorong dalam diri siswa yang dapat menimbulkan rasa ingin tahu dan senang melakukan aktivitas-aktivitas belajar. Selain itu dukungan berupa pemenuhan fasilitas belajar sangatlah diperlukan karena dengan adanya fasilitas yang baik dapat mempermudah siswa dalam belajar. Sehingga dapat tercapai prestasi belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi motivasi belajar siswa fasilitas di sekolah dan prestasi belajar (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar (3) pengaruh pemanfaatan fasilitas di sekolah terhadap prestasi belajar (4) pengaruh motivasi belajar siswa dan pemanfaatan fasilitas di sekolah terhadap prestasi belajar siswa dan (5) variabel bebas manakah yang lebih dominan yang mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bersifat eksplanasi dengan teknik analisis regresi linear berganda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Kosgoro I Lawang yang berjumlah 128 siswa dan teknik sampel yang digunakan yaitu simple random sampling sebanyak 97 siswa. Skala pengukuran menggunakan skala likert. Pengujian kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Angket dan dokumentasi digunakan dalam pengumpulan data. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa (1) motivasi belajar siswa tergolong tinggi sedangkan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah tergolong sedang serta prestasi belajar yang dilihat dari nilai ulangan akhir semester pada mata pelajaran KWU tahun 2012/2013 tergolong cukup (2) terdapat pengaruh positif signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa (3) terdapat pengaruh positif signifikan antara pemanfaatan fasilitas di sekolah terhadap prestasi belajar siswa (4) terdapat pengaruh positif signifikan antara motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas di sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan (1) bagi sekolah untuk lebih memperhatikan dalam mengelola ruang kelas seperti memperbarui peralatan yang ada di ruang kelas sehingga siswa fokus terhadap pelajaran (2) bagi siswa untuk lebih memotivasi diri dalam menambah wawasan atau literatur tentang materi-materi yang diberikan oleh guru sehingga siswa bisa menambah pengetahuan dan mencapai prestasi yang lebih baik (3) bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian sejenis yang sifatnya lebih luas dengan subjek yang berbeda dengan tujuan menambah penemuan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27833

Actions (login required)

View Item View Item