Perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Think Pair Share (TPS) dengan model konvesional pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X SMK Ardjuno 2 Malang) / Umar Maulana Hariez - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Think Pair Share (TPS) dengan model konvesional pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X SMK Ardjuno 2 Malang) / Umar Maulana Hariez

Hariez, Umar Maulana (2014) Perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Think Pair Share (TPS) dengan model konvesional pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X SMK Ardjuno 2 Malang) / Umar Maulana Hariez. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maulana Umar. 2012. Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang diajarkan Menggunakan Metode TPS (think pair share) dengan Metode Konvesional Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X Di SMK Arjuna 2 Malang . Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M (II) Dr. Sopiah M Pd MM. Kata Kunci Model Konveional Model Think Pair Share (TPS) Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru selalu monoton. Dalam setiap pembelajaran guru selalu menggunakan metode ceramah. Dengan metode ceramah ini guru selalu menguasi kelas sedangkan siswa hanya duduk diam mendengarkan penjelasan dari guru dan siswa tidak dituntut aktif. Padahal dalam proses pembelajaran yang sebenarnya guru diharapkan mampu mengembangkan suatu kondisi kelas yang kondusif dalam arti bahwa guru mampu mengajak dan memotivasi para siswa untuk turut berpartisipasi dalam tiap kegiatan pembelajaran dalam kelas. Dalam hal ini guru harus lebih kreatif lagi untuk menggunakan model-model pembelajaran dalam kelas. Salah satu pendekatan pembelajaran yang memperhatikan hal tersebut adalah pembelaran model Think Pair Share (TPS) Dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS) siswa tidak hanya duduk diam. Siswa harus menjadi lebih aktif lagi sehingga mereka bisa menguasai materi dan mereka dituntut untuk bisa bekerjasama dengan teman sekelas. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Kewirausahaan dengan menerapkan pembelajaran Think Pair Share (TPS) Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen yaitu membandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvesional dan pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian ini dilakukan di kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Ardjuna 2 Malang pada bulan Oktober-November 2012 dan data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil tes kemampuan akhir pada kelas (kontrol) terlihat nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 95 dan nilai terendah adalah 65 dan rata-trata nilai kelas yaitu 77. Sedangkan pada kelas (ekperimen) nilai tertinggi 100 dan terendah 70 dengan nilai rata-rata 82. Jadi dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas ekperimen lebih unggul dibandingkan dari kelas kontrol dan sesuai dari hasil wawancara singkat dengan para siswa metode TPS lebih menyengkan siswa lebih mudah memahami pelajaran siswa tidak bosan dan mengantuk pada saat pembelajaran berlangsung dan siswa juga bisa bertukar pendapat dengan teman sekelompoknya maupun dengan kelompok lain pada saat presentasi di kelas. Dengan demikian maka siswa menjadi termotivasi untuk belajar dan hasil belajarnyaakan meningkat. Namun disamping itu dalam pembelajaran yang menggunakan metode TPS tidak semua siswa aktif dalam kelas hal tersebut dimungkinkan siswa sudah terbiasa pasif dalam pembelajaran sebelumnya dan belum adanya penyesuaian terhadap model pembelajaran yang baru diterapkan sehingga bagi siswa yang tidak aktif akan tertinggal dengan siswa yang aktif selain itu juga banyak siswa yang belum bisa mempertahankan atau mengemukakan pendapatnya sendiri cenderung masih tergantung dengan teman lainnya sehingga siswa kurang percaya diri ketika presentasi di depan kelas. Dengan demikian hipotesis yang telah dikemukakan sebelumnya bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah mengalami proses pembelajaran menggunakan metode TPS dengan metode konvesional pada mata pe ajaran kewirausahaan kelas X di SMK Arjuna 2 Malang telah teruji kebenarannya. Hal ini sekaligus mempertegas posisi keunggulan metode TPS daripada konvesional. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27831

Actions (login required)

View Item View Item