Penerapan pembelajarn kooperatif model think pair share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Program Kecantikan SMK Kartika IV-1 Malang mata pelajaran kewirausahaan tahun ajaran 2012/2013) / Amelindha Vania - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajarn kooperatif model think pair share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Program Kecantikan SMK Kartika IV-1 Malang mata pelajaran kewirausahaan tahun ajaran 2012/2013) / Amelindha Vania

Vania, Amelindha (2014) Penerapan pembelajarn kooperatif model think pair share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Program Kecantikan SMK Kartika IV-1 Malang mata pelajaran kewirausahaan tahun ajaran 2012/2013) / Amelindha Vania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Vania Amelindha. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa (Studi Siswa Kelas XI Program Kecantikan SMK Kartika IV-1 Malang Mata Pelajaran Kewirausahaan Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr Bambang Banu Siswoyo M.M (2) Dr. Sopiah M.Pd M.M Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share Motivasi Belajar Hasil Belajar Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan model pembelajaran Think Pair Share untuk dapat mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar dengan model pembelajaran Think Pair Share dan untuk mengetahui kendala saat menerapkan model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas XI program Kecantikan SMK Kartika IV-1 Malang Tahun Ajaran 2012/2013 terhadap proses pembelajaran pada mata Kewirausahaan. Metodologi Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas XI program kecantikan SMK Kartika IV-1 Malang Tahun Ajaran 2012/2013 sebayak 37 siswa. Temuan Hasil Hasil penelitian ini pada mata pelajaran kewirausahaan meningkat cukup signifikan terlihat pada motivasi belajar siswa siklus I memiliki skor rata-rata 77 40% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90 24%. Peningkatan motivasi belajar juga diperkuat dengan siginifikansi uji hipotesis sebesar 0 000 0 05 (alpha). Dengan demikian penerapan model Think Pair Share pada siklus II terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Sedangkan hasil belajar ranah kognitif pada siklus I sebesar 67 57% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa dan siklus II bertambah naik menjadi 91 89% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 34 siswa. Peningkatan hasil belajar juga diperkuat dengan uji hipotesis yang diperoleh siginifikansi sebesar 0 000 0 05 (alpha). Dengan demikian penerapan model Think Pair Share pada siklus II terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi Hasil penelitian ini berimplikasi pada siswa yang disarankan untuk memerlukan adanya peran aktif dalam proses pembelajaran dan menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah. Guru mata pelajaran kewirausahaan disarankan untuk menggunakan model Think Pair Share sebagai alternatif pilihan pembelajaran di kelas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Sekolah disarankan agar melengkapi literatur mata pelajaran kewirausahaan yang lebih lengkap. Sedangkan peneliti selanjutnya dapat menerapkan model pembelajaran yang menarik lainnya yang dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar mereka salah satu contohnya adalah model pembelajaran Role Playing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27829

Actions (login required)

View Item View Item