Penerapan pembelajaran model Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X TKJ SMK Veteran 1 Tulungagung) / Tomy Haryono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran model Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X TKJ SMK Veteran 1 Tulungagung) / Tomy Haryono

Haryono, Tomy (2013) Penerapan pembelajaran model Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas X TKJ SMK Veteran 1 Tulungagung) / Tomy Haryono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Haryono Tomy. 2013. Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X Teknik Komputer Jaringan SMK Veteran 1 Tulungagung. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budi Eko S. M.Ed M.Si (II) Dr. Agung Winarno M.M Kata Kunci Problem Based Learning (PBL) Aktivitas Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Model Pembelajaran Problem Based Learning merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata yang dituangkan kedalam studi kasus yang telah disesuaikan dengan materi sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah untuk memperoleh pengetahuan dari materi pelajaran. 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk menguji penggunaan model Problem Based Learning dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan SMK Veteran 1 Tulungagung. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Model pembelajaran Problem Based Learning ini dilaksanakan dalam 5 tahap yaitu tahap ke-1 orientasi siswa pada masalah tahap ke-2 mengorganisasi siswa untuk belajar tahap ke-3 membimbing penyelidikan individual dan kelompok tahap ke-4 mengembangkan dan menyajikan hasil karya tahap ke-5 menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I ke siklus II sebesar 17.2%. Sedangkan hasil belajar juga mengalami peningkatan hasil belajar terdiri dari aspek kognitif dan afektif untuk aspek kognitif membandingkan hasil nilai post tes dengan nilai sebelum penerapan model PBL setiap siklus. Sedangkan aspek afektif dianalisis dengan menghitung persentase frekuensi setiap indikator yang muncul. Ketentuan nilai batas minimum ketuntasan belajar siswa untuk mata diklat Kewirausahaan adalah 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dari siklusI ke siklus II sebesar 28.96% sedangkan aspek afektif mengalami peningkatan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 9. 65%. 12288 12288 12288 Saran yang dapat diberikan peneliti dari penelitian yang telah dilakukan ini adalah Bagi Guru yang menerapkan model pembelajaran PBL sebaiknya menambahkan durasi waktu dalam proses pembelajaran Kepala Sekolah disarankan untuk menambahkan dan melengkapi literatur agar siswa dapat memperbanyak wawasan dan pengetahuannya salah satunya melalui membaca buku-buku literatur yang disediakan oleh sekolah Bagi guru yang menerapkan model pembelajaran PBL disarankan untuk lebih tegas dalam proses pembelajaran agar siswa tidak gaduh dan mengganggtu dalam proses pembelajaran Bagi Guru yang menerapkan model PBL disarankan untuk lebih meningkatkan keaktifan dan motivasi kepada siswa pada proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27827

Actions (login required)

View Item View Item