Penerapan model pembelajaran Question Student Have (QSH) untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar pada mata diklat kewirausahaan (studi kasus pada siswa kelas X TITL di SMK PGRI Wlingi) / Shoca Rahma Widya Kumala - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Question Student Have (QSH) untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar pada mata diklat kewirausahaan (studi kasus pada siswa kelas X TITL di SMK PGRI Wlingi) / Shoca Rahma Widya Kumala

Kumala, Shoca Rahma Widya (2013) Penerapan model pembelajaran Question Student Have (QSH) untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar pada mata diklat kewirausahaan (studi kasus pada siswa kelas X TITL di SMK PGRI Wlingi) / Shoca Rahma Widya Kumala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kumalla Shoca. 2013. Penerapan Metode QSH Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar (Studi Pada Siswa Kelas X Program Keahlian TITL SMK PGRI Wlingi). Skripsi Jurusan Manajemen Program StudiPendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Dr. Suwarni M.Si (2) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M Kata kunci Metode QSH Hasil belajar Aktivitas belajar Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK PGRI Wlingi khususnya kelas X program keahlian TITL pada standar kompetensi Mengelola Konflik diperoleh hasil bahwa aktivitas belajar siswa kurang hal ini terlihat bahwa kebanyakan siswa pasif dan banyak diam hal ini disebabkan karena timbulnya rasa malu kurang berani untuk bertanya dan menjawab pertanyaan maupun mengungkapkan pendapat. Faktor lain yang juga menyebabkan rendahnya aktovitas siswa untuk belajar yaitu adanya anggapan dari siswa bahwa mata pelajaran Hal tersebut berakibat pada rendahnya hasil belajar dimana dari 46 siswa terdapat 24 siswa belum tuntas belajar sedangkan 22 siswa lainnya tuntas belajar. Hal ini dapat terlihat dari nilai rata-rata kelas pada mata pelajaran Mengelola Konflik adalah 71 3 yang belum memenuhi Standart Ketuntasan Minimal (SKM) Mengelola Konflik yaitu 75 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 47 8%. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi..Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode QSH hasil belajar dan aktivitas belajar pada standar kompetensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dan observer metode QSH berhasil diterapkan karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar. Aktivitas siswa setelah penerapan metode QSH terlihat cukup meningkat dari hasil observasi pada siklus I memiliki nilai rata-rata 67 3% sedangkan pada siklus II naik menjadi 76 4%. Sedangkan hasil belajar ranah kognitif yang sebelumnya rendah dimana nilai rata-rata kelas 71 3% dengan terdapat 24 siswa yang tidak tuntas belajar kemudian setelah penerapan metode QSH nilai rata-rata kelas meningkat . Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi guru SMK PGRI Wlingi guru standar kompetensi mengelola konflik hendaknya menerapkan metode QSH (Question Stuedent Have) dalam pembelajaran agar siswa lebih aktif dalam membaca materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27825

Actions (login required)

View Item View Item