Liestyasari, Kharina (2013) Kinerja profesinalisme guru mata diklat lewirausahaan dalam mengajar di SMK se-Kota Malang / Kharina Liestyasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Liestyasari Kharina. 2013. Kinerja Profesionalisme Guru Mata Diklat Kewirausahaan Dalam Mengajar Di SMK se-Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Suwarni M.Si (II) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M. Kata kunci Kinerja Profesionalisme Guru Mengajar. Pendidikan adalah suatu proses yang terjadi karena interaksi berbagai faktor yang menghasilkan penyadaran diri dan lingkungan sehingga menampilkan rasa percaya diri dan rasa percaya akan lingkungannya. Salah satu komponen penting dalam dunia pendidikan adalah guru. Oleh karena itu guru wajib mempunyai kompetensi yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawabnya. Dengan kompetensi tersebut maka akan menjadi guru yang profesional baik secara akademis maupun non akademis. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang profesionalisme guru mata diklat kewirausahaan dalam mengajar di SMK sehingga dapat digunakan guru sebagai masukan untuk mengembangkan kemampuan diri dalam mengajar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survai. Populasi dalam penelitian ini guru mata diklat kewirausahaan dalam mengajar di SMK se-Kota Malang jumlah populasinya adalah 100 guru yang mengajar di 51 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan swasta Dari jumlah populasi di atas diketahui bahwa di Kota Malang terdapat 51 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan swasta yang dibagi ke dalam 10 gugus. Sampel dalam penelitian ini ditentukan 10% dari unit populasi (51 sekolah). Sampelnya berjumlah 5 sekolah dengan jumlah guru sebanyak 8 guru. Berdasarkan hasil analisis data tentang kinerja profesionalisme guru mata diklat kewirausahaan dalam mengajar di SMK se-Kota Malang hasil penelitian menunjukkan 1) Guru sudah memenuhi dan mempunyai syarat-syarat guru yang profesional 2) Ciri-ciri guru profesional dibagi menjadi beberapa komponen seperti komponen afeksi guru komponen penguasaan ilmu pengetahuan komponen penyajian bahan pelajaran komponen hubungan guru dengan murid komponen guru dengan orang-orang dewasa. Dari data yang diperoleh peneliti dapat dilihat kinerja guru mata diklat kewirausahaan sudah mencangkup komponen-komponen sebagai ciri-ciri guru yang profesional 3) Dari sudut pandang aspek tingkat kesalahan guru dalam proses belajar mengajar diperoleh hasil bahwa guru mata diklat kewirausahaan di SMK Kota Malang sedikit yang melakukan kesalahan dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan sebagai berikut 1) Dengan adanya penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru untuk dijadikan bahan referensi pada saat proses belajar mengajar 2) Dengan adanya penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi kepala sekolah untuk mengontrol kualitas guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Oct 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27824 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |