Pengaruh motivasi intrinsik dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan kelas X SMK 3 PGRI Blitar / Farid Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi intrinsik dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan kelas X SMK 3 PGRI Blitar / Farid Setiawan

Setiawan, Farid (2013) Pengaruh motivasi intrinsik dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan kelas X SMK 3 PGRI Blitar / Farid Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiawan Farid. 2013. Pengaruh pengaruh motivasi intrinsik dan pemanfaatan fasilitas disekolah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X SMK PGRI 3 Kota Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (2) Dr. Heri Pratikto M.Si. Kata kunci motivasi intrinsik fasilitas disekolah hasil belajar Tujuan pendidikan dikatakan tercapai apabila hasil belajar siswa mengalami perkembangan dan peningkatan. Hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu intrinsik (motivasi minat bakat kepercayaan diri dll) dan ektrinsik (keluarga lingkungan fasilitas belajar dll). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi Motivasi intrinsik fasilitas di sekolah dan hasil belajar (2) Pengaruh Motivasi intrinsik terhadap hasil belajar (3) Pengaruh pemanfaatan fasilitas di sekolah terhadap hasil belajar (4) Pengaruh Motivasi intrinsik dan pemanfaatan fasilitas di sekolah terhadap hasil belajar dan (5) variabel bebas manakah yang lebih dominan yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bersifat eksplanasi dengan teknik analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK PGRI 3 Kota Blitar yang berjumlah 252 siswa dan tenik sampel yang digunakan yaitu teknik probability sampling dengan cara simple random sampling dalam pengambilan sampel sebanyak 160 siswa sebagai responden. Skala pengukuran menggunakan skala likert dengan lima pilihan jawaban. Pengujian kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Angket dan dokumentasi digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data tersebut disimpulkan bahwa 1) Motivasi intrinsik siswa tergolong tinggi sedangkan pemanfaatan fasilitas tergolong sedang serta hasil belajar yang dilihat dari nilai ulangan tengah semester pada mata pelajaran KWU tahun 2012/2013 tergolong cukup. 2) Terdapat pengaruh positif signifikan antara motivasi intrinsik siswa terhadap hasil belajar siswa. 3) Terdapat pengaruh positif signifikan antara pemanfaatan fasilitas di sekolah terhadap hasil belajar siswa. 4) Motivasi intrinsik dan pemanfaatan fasilitas di sekolah secara simultan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Artinya semakin tinggi motivasi intrinsik dan pemanfaatan fasilitas di sekolah semakin tinggi pula hasil belajar siswa. 5) variabel motivasi intrinsik menjadi variabel yang dominan mempengaruhi hasil belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dalam pengadaan fasilitas belajar hendaknya memperhatikan kebutuhan belajar siswa terutam pemanfaatan fasilitas belajar dan memperbaiki fasilitas belajar yang telah ada fasilitas yang menunjang dalam proses pembelajaan misalnya keadaan laboratorium KWU keadaan perpustakaan dan pemanfaatan media pembelajaran karena fasilitas yang ada sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. (2) Hendaknya para siswa mempunyai motivasi yang baik untuk mencapai hasil belajar. Dengan menggunaan jam kosong ataupun waktu luangnya seperti istirahat sekolah untuk memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak seolah. Seperti membaca buku di perpustakaan memanfaatkan fasilitas internet untuk browsing materi pelajaran. (3) Bagi peneliti lain yang melakukan penelitian yang serupa mengenai motivasi intrinsik dan pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah hendaknya menambah jumlah tempat penelitian. Sehingga nantinya ada perbandingan antara tempat yang satu dengan tempat yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27823

Actions (login required)

View Item View Item