Penerapan lesson study model time token untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi menerapkan jiwa kepemimpinan (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 02 Kota Malang) / Sofia May Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan lesson study model time token untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi menerapkan jiwa kepemimpinan (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 02 Kota Malang) / Sofia May Safitri

Safitri, Sofia May (2013) Penerapan lesson study model time token untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi menerapkan jiwa kepemimpinan (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 02 Kota Malang) / Sofia May Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Safitri Sofia May. 2013. Penerapan Lesson Study Model Time Token Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menerapkan Jiwa Kepemimpinan (Studi Pada Siswa Kelas X APK SMK PGRI 02 Kota Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pen-didikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pem-bimbing (1) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M (2) Drs. Mohammad Hari M.Si Kata kunci Lesson Study Aktivitas Hasil belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tidakan kelas dengan format Les-son Study yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tin-dakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 3 tahap yaitu (1) Perencanaan (Plan) (2) Pelaksanaan (Do) dan (3) Refleksi (See). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X APK di SMK PGRI 02 Kota Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dokumentasi tes dan lembar format Lesson Study. Teknik analisis data dalam pe-nelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan ke-simpulan. Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I dan II pertemuan 1 nilai yang diperoleh adalah 128 dan meningkat menjadi 147 pada pertemuan II siklus I dan II skor yang diperoleh adalah 122 meningkat menjadi 137. Selain itu penelitian ini me-nunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa yang terlihat dari perbandin-gan hasil nilai guru (nilai ulangan harian siswa pra tindakan) dengan hasil post-test yang diberikan pada saat akhir penerapan model Time Token. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada nilai guru sebanyak 18 siswa (41%) sedangkan yang be-lum tuntas sebanyak 26 siswa (59%). Hasil post-test siklus I menunjukkan pe-ningkatan hasil belajar dengan siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa (69%) dan yang belum tuntas sebanyak 13 siswa (31%). Untuk hasil post-test siklus II juga menunjukkan peningkatan hasil belajar jika dibandingkan dengan siklus I yaitu dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 39 siswa (88 63%) dan yang belum tuntas sebanyak 5 siswa (11 37%). Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa (1) Pene-rapan Lesson Study model Time Token dapat meningkatkan aktivitas dan hasil be-lajar siswa (2) Aktivitas belajar siswa dapat meningkat dengan penerapan Lesson Study model Time Token (3) Hasil belajar siswa dapat meningkat dengan dengan penerapan Lesson Study model Time Token (4) Kendala yang ditemui peneliti dalam penelitian ini yaitu siswa terbiasa dengan pembelajaran metode ceramah dan debate biasa kurangnya literatur jumlah siswa yang banyak menyebabkan siswa terbatas ketika mengunggkapkan pendapat. Peneliti menyarankan (1) Bagi guru Kewirausahaan di SMK Model Time Token dapat dijadikan alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran (2) Bagi Ke- pala Sekolah SMK PGRI 02 Kota Malang perlu menyediakan sarana dan prasarana lengkap guna mempermudah siswa memperoleh informasi dan memperlancar proses belajar (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan melakukan penelitian Model Time Token serta mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27822

Actions (login required)

View Item View Item