Penerapan model pembelajaran STAD dengan media kuis jeopardy untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Tekstil Pandaan Kabupaten Pasuruan) / Candra Gumilang - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran STAD dengan media kuis jeopardy untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Tekstil Pandaan Kabupaten Pasuruan) / Candra Gumilang

Gumilang, Candra (2013) Penerapan model pembelajaran STAD dengan media kuis jeopardy untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Tekstil Pandaan Kabupaten Pasuruan) / Candra Gumilang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gumilang Candra. 2013. Penerapan Model Pembelajaran STAD dengan Media Kuis Jeopardy untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan (Studi Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Tekstil Pandaan Kabupaten Pasuruan). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW M.A. M.Si. (II) Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran STAD Media Kuis Jeopardy Aktivitas Hasil Belajar Dunia pendidikan saat ini menuntut guru untuk senantiasa melakukan inovasi dalam pembelajaran pada berbagai aspek agar siswa memiliki interaksi dan aktif dalam proses belajar. Sehingga tenaga pendidik harus berusaha membuat perencanaan pembelajaran yang menarik menyenangkan serta mengembangkan kemampuan peserta didiknya. Melalui pembelajaran model STAD dengan media kuis Jeopardy memberikan keleluasaan siswa untuk belajar bekerja dan berinteraksi antar siswa dengan guru dan antara siswa dengan siswa dalam permainan kuis yang menarik. Rumusan masalah pada penelitian ini (1) Bagaimana penerapan model STAD dengan media kuis Jeopardy pada mata pelajaran Kewirausahaan (2)Apakah penerapan model STAD dengan media kuis Jeopardy dapat meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran Kewirausahaan (3) Apakah penerapan model STAD dengan media kuis Jeopardy dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Kewirausahaan (4) Apa saja hambatan-hambatan dan solusi pada saat penerapan model STAD dengan media kuis Jeopardy pada mata pelajaran Kewirausahaan . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi 2 di SMK Tekstil Pandaan Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 37 siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu menyusun rancangan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara catatan lapangan dokumentasi dan tes. Analisis data penelitian meliputi tiga hal (1) reduksi data dimulai pada saat observasi sebelum membuat latar belakang penelitian dilanjutkan saat pelaksanaan penelitian dan setelah penelitian dilakukan (2) penyajian data dilakukan setelah melakukan pengamatan pada saat pelaksanaan penelitian dan (3) penarikan kesimpulan dilakukan pada saat awal sampai akhir pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa (1) Penerapan model pembelajaran STAD dengan media kuis Jeopardy dilaksanakan dalam dua siklus (2) Aktivitas belajar siswa dinilai pada setiap pertemuan siklus ke-1 pertemuan pertama dan pertemuan kedua dengan nilai rata-rata sebesar 81 81% mengalami peningkatan 8 48%. Siklus ke-2 dengan nilai rata-rata 93 94% mengalami peningkatan 12 13% (3) Hasil belajar dinilai dari nilai pre test dan post test untuk siklus ke-1 mengalami peningkatan pada pre test dan post test 1 sebesar 7 92 dengan nilai rata-rata pada pre test 68 75 menjadi 76 67. Siklus ke-2 mengalami peningkatan antara post test 1 dan post test 2 sebesar 3 03 dengan nilai rata-rata 79 70. (4) Hambatan dan solusi dari menggunakan model pembelajaran STAD dengan media Jeopardy ini antara lain sebagai berikut membutuhkan media dan waktu yang banyak dalam persiapannya sehingga butuh persiapan yang matang dan kepastian tersedianya peralatan. Tempat duduk yang dekat membuat siswa tidak mandiri mengerjakan tugas sehingga peneliti mengingatkan siswa agar fokus pada tugasnya. Beberapa siswa ingin mengumpulkan jawaban disaat waktu habis yang menimbulkan protes sehingga peneliti harus menenangkan kelas yang sering gaduh dan menekankan kembali aturan main model STAD dengan media kuis Jeopardy dengan jelas agar suasana tetap berjalan dengan kondusif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran STAD dengan media kuis Jeopardy dilaksanakan dalam dua siklus (2) Penerapan model pembelajaran STAD dengan media kuis Jeopardy dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa (3) Penerapan model pembelajaran STAD dengan media kuis Jeopardy dapat meningkatkan hasil belajar siswa (4) Hambatan dan solusi dalam penerapan model pembelajaran STAD dengan media kuis Jeopardy adalah membutuhkan media dan waktu yang banyak dalam persiapannya sehingga butuh persiapan yang matang dan kepastian tersedianya peralatan. Beberapa siswa ingin mengumpulkan jawaban disaat waktu habis yang menimbulkan protes sehingga peneliti harus menenangkan kelas yang sering gaduh dan menekankan kembali aturan main model STAD dengan media kuis Jeopardy dengan jelas agar suasana tetap berjalan dengan kondusif. Beberapa saran yang dapat diberikan antara lain (1) SMK Tekstil Pandaan model pembelajaran STAD dengan media kuis Jeopardy juga dapat menjadi rujukan sebagai model pembelajaran untuk mata pelajaran kewirausahaan atau mata pelajaran lain (2) guru mata pelajaran Kewirausahaan dalam menggunakan model STAD dengan media kuis Jeopardy lebih atraktif agar suasana persaingan antar tim tetap terjaga (3) peneliti berikutnya hasil penelitian dapat dijadikan bahan referensi dengan penelitian yang serupa dan dapat mengembangkan penelitian terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa agar lebih aktif baik lisan maupun tertulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27816

Actions (login required)

View Item View Item