Penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) berbasis lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2012/2013) / Ekawati Slaning Wulan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) berbasis lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2012/2013) / Ekawati Slaning Wulan

Wulan, Ekawati Slaning (2013) Penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) berbasis lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang tahun ajaran 2012/2013) / Ekawati Slaning Wulan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci numbered head together lesson study aktivitas hasil belajar. Tujuan pendidikan memberikan ilmu yang bermanfaat bagi peserta didik agar peserta didik tersebut mampu berkreasi dan mengembangkan kreatifitasnya untuk mendapatkan keinginan yang ingin dicapainya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran diharapkan guru dalam mengajar memiliki strategi pembelajaran yang cocok dan menerapkan model pembelajaran yang relevan dengan bahan ajar yang akan diajarkan kepada siswa. Hasil wawancara dan observasi yang telah peneliti lakukan di SMK PGRI 2 Malang pada guru mata pelajaran Menata Produk bahwa metode pembelajaran yang digunakan masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan penugasan-penugasan sehingga siswa cepat bosan dan merasa jenuh serta mengeluh capek ketika harus mencatat materi yang disampaikan guru melalui metode ceramah dan penugasan-penugasan yang monoton tersebut. Secara umum penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran kooperatif numbered head together berbasis lesson study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menata produk kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang serta untuk mengatehui kendala dan solusi dalam penerapan model pembelajaran numbered head together berbasis lesson study. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau sering disebut Classroom Action Research yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II dimana pada siklus I aktivitas siswa sebesar 73 34% dan meningkat sebesar 88 89% pada siklus II. Terjadi peningkatan sebesar 15 55%. Hal ini diperkuat oleh hasil uji t bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari alpha (0 000 8804 0 050). Hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari nilai kognitif (post test) dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I rata-rata nilai skor tes siswa sebesar 74 87 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 58 97% dan meningkat sebesar 83 87 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 87 17% pada siklus II. Hal ini diperkuat oleh hasil uji t bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari alpha (0 000 8804 0 050). Berdasarkan identifikasi di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbasis Lesson Study dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X Pemasaran SMK PGRI 2 Malang dari siklus I ke siklus II. Saran untuk pihak-pihak yang terkait diantaranya (1) Bagi sekolah hendaknya dapat meningkatkan pembinaan dan pengembangan mutu sekolah (2) Bagi guru mata pelajaran Menata Produk hendaknya dapat meningkatkan mutu pembelajaran sebagai praktisi di lapangan dalam pemilihan strategi pembelajaran yang lebih bervariasi dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa (3) Bagi peneliti lanjut hendaknya untuk meneliti lebih lanjut mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together Berbasis Lesson Study dengan tempat dan subyek yang berbeda serta dapat mengikut sertakan guru dan kepala sekolah dalam kegiatan lesson study yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27812

Actions (login required)

View Item View Item