Penerapan model pembelajaran Cooperative Intergrated Reading and Conposition untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TPM 1 SMK Ahmad Yani Jabung pada mata diklat kewirausahaan / Andri Ardiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Cooperative Intergrated Reading and Conposition untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TPM 1 SMK Ahmad Yani Jabung pada mata diklat kewirausahaan / Andri Ardiansyah

Ardiansyah, Andri (2013) Penerapan model pembelajaran Cooperative Intergrated Reading and Conposition untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TPM 1 SMK Ahmad Yani Jabung pada mata diklat kewirausahaan / Andri Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Hasilbelajar Kelompok belajar kooperatif memiliki tujuan memaksimalkan kerja tiap individu dalam kelompok dan memiliki banyak keunggulan. Pembelajaran kooperatif diharapkan siswa dapat belajar melalui kelompok yang memiliki latar belakang berbeda sehingga dapat memaksimalkan kondisi belajar dalam mencapai tujuan pembelajaran.Hasilpengamatanpratindakanbanyaknyasiswakelas X TPM 1 SMK Ahmad YaniJabung yang belummencapainilaiketuntasanKriteriaKetuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkanyaitu 70 dimanaterdapatsebanyak 6 siswadikatakantuntas sedangkansisanyayaitu 22 siswadikatakanbelumtuntas. Adapun tujuan penelitian adalahuntukmendeskripsikanpenerapan pembelajaran modelCooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan hasil belajar siswasetelah penerapan model CIRC serta kendala yang dihadapi dan solusi pemecahan yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif. SubyekdalampenelitianiniadalahsiswaKelas X TPM 1 SMK Ahmad YaniJabung yang berjumlah 28 siswa.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatif.Pendekatanpenelitiandeskriptifkualitatifjenispenelitannyaadalah PTK yang terdiriatas 2 siklus 1 siklusterdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan (observasi) dan tahap refleksidanjugapeneliti bertindak sebagai pelaksana kegiatan perencana tindakan pengumpul data penganalisa data sekaligus sebagai pelapor hasil penelitian. Pelaksanaanuntukpenelitian di SMK Ahmad Yani Jabung yang berada di Jalan Raya Sukolilo No. 02 RT 1 RW 1 Jabung.Data yang diambiladalah data primer danmengunakanmetodepengambilan data denganobservasi dokumentasi test dancatatanlapangan. Berdasarkan penelitian hasil belajar ranah kognitif mengalami peningkatan setelah penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan dari nilai guru mendapatkan 59 50 pada siklus I naik menjadi 70 46 sedangkanniali rata-rata kelas pada siklus II semakin bertambah naik menjadi 78 17. Daya serap klasikal nilai guru sebesar 21 24% untuk daya serap klasikal siklus I meningkat menjadi 64 28% sedangkan daya serap klasikal siklus II semakin meningkat yaitu sebesar 89 28 %. Daya serap klasikal pada siklus II diperoleh persentase sebesar 89 28% hal ini menunjukkan pada siklus II ini dikategorikan sudah mencapai ketuntasan belajar klasikal ( 8805 85%). Pada siklus I terdapat 18 siswa tuntas belajar dan 10 siswa lainnya belum tuntas belajar dimana skor nilai terendahnya yaitu 50 sedangkan pada siklus II terdapat 25 siswa tuntas belajar dan 3 siswa lainnya dinyatakan belum tuntas dengan skor nilai terendahnya yaitu 50. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi Guru SMK Ahmad Yani Jabung Kabupaten Malang Khususnya guru mata diklat kewirausahaan dapat menjadikan pembelajaran model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) sebagai alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran karena tidak semua materi pelajaran cocok dengan model pembelajaran ini.(2)Bagi peneliti berikutnya harap memberikan inovasi dan perhatian terhadap pelaksanaan khususnya dalam hal pengunaan waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27810

Actions (login required)

View Item View Item