Siagian, Elisa (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif model mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X Kecantikan Kulit SMK Kartika IV-1 Malang) / Elisa Siagian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping Hasil Belajar Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Kartika IV-1 Malang khususnya kelas X Kecantikan Kulit pada mata pelajaran kewirausahaan diperoleh hasil bahwa kondisi belajar yang terjadi cenderung monoton dikarenakan minat belajar siswa yang rendah. Siswa lebih antusias mengikuti mata pelajaran yang produktif daripada adaptif. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar dimana dari 28 siswa terdapat 18 siswa yang belum tuntas sedangkan 10 siswa lainnya tuntas belajar. Hal ini dapat terlihat nilai rata-rata kelas pada mata pelajaran kewirausahaan yaitu 71 6 yang belum memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (SKM) Kewirausahaan yaitu 75. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa jurusan Kecantikan Kulit yaitu Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan penerapan model Mind Mapping dan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas X Kecantikan Kulit SMK Kartika IV-1 Malang sebanyak 33 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dan observer model MindMapping berhasil diterapkan dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa namun untuk ranah afektif justru mengalami penurunan. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I diperoleh sebesar 75 66 dimana 20 siswa tuntas sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa bertambah naik menjadi 85 13 dengan 28 siswa yang tuntas. Untuk hasil belajar afektif siswa pada siklus I diperoleh rata-rata klasikal sebesar 88 3% sedangkan pada siklus II diperoleh sebesar 86 7%. Terjadinya penurunan ranah afektif siswa dikarenakan beberapa siswa merasa lelah dalam mengerjakan Mind Mapping karena membutuhkan waktu yang relatif lama apalagi seusai pelajaran olahraga. Walaupun terjadi penurunan namun ranah afektif siswa dapat dinyatakan Tuntas dikarenakan telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan model Mind Mapping dapat digunakan sebagai alternatif pilihan dalam pembelajaran baik untuk mata pelajaran kewirausahaan maupun mata pelajaran lain yang sesuai dengan karakteristik model Mind Mapping. Selain itu dalam mempelajari model pembelajaran ini diperlukan waktu yang relatif lama dan penerapan secara kontinue agar memperoleh hasil yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |