Penerapan media pembelajaran berbasis komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pelayanan Prima (studi pada siswa kelas X program keahlian pemasaran SMK Wisnuwardhana Malang) / Oktavia Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media pembelajaran berbasis komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pelayanan Prima (studi pada siswa kelas X program keahlian pemasaran SMK Wisnuwardhana Malang) / Oktavia Andriani

Andriani, Oktavia (2013) Penerapan media pembelajaran berbasis komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pelayanan Prima (studi pada siswa kelas X program keahlian pemasaran SMK Wisnuwardhana Malang) / Oktavia Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Media Pembelajaran Berbasis Komik Hasil belajar Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penerapan media pembelajaran berbasis komik dan (2) peningkatan hasil belajar siswa pada Standar Kompetensi Melaksanakan Pelayanan Prima kelas X Program Keahlian Pemasaran SMK Wisnuwardhana Malang. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMK Wisnuwardhana Malang khususnya kelas X program keahlian pemasaran pada standar kompetensi Melaksanakan Pelayanan Prima diperoleh hasil bahwa hasil belajar siswa aspek kognitif masih tergolong rendah masih banyak siswa yang nilainya belum mencapai KKM dimana dari 24 siswa terdapat 13 siswa yang belum tuntas belajar sedangkan 11 siswa lainnya tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas 73 54 yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran pelayanan prima yaitu 75 dengan daya serap klasikal siswa sebesar 45 83%. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran SMK Wisnuwardhana Malang yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian penerapan media pembelajaran berbasis komik ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus ke siklus. Hasil belajar siswa aspek kognitif menunjukkan nilai rata-rata pada pra tindakan 73 54 dimana siswa yang dapat mencapai KKM sebanyak 11 siswa dan 13 siswa lainnya belum tuntas belajar kemudian siklus I meningkat menjadi 79 16 dimana siswa yang tuntas belajar sebanyak 15 sedangkan 9 siswa lainnya belum tuntas dan siklus II meningkat menjadi 82 91 terdapat 21 siswa tuntas belajar dan 3 siswa belum tuntas. Daya serap klasikal juga mengalami peningkatan pada pra tindakan sebesar 45 83% meningkat pada siklus I menjadi 62 5% dan siklus II menjadi 87 5%. Adapun saran yang diberikan adalah (1) Bagi guru SMK Wisnuwardhana Malang hendaknya menerapkan media pembelajaran komik dalam pembelajaran agar siswa tertarik mendengarkan penjelasan dari guru dan dapat mengetahui langsung contoh yang terjadi pada lingkungan sekitarnya (2) Bagi siswa pada saat kegiatan belajar mengajar hendaknya selalu memperhatikan materi yang dijelaskan oleh guru dan selalu berfikir positif bahwa setiap ilmu yang didapat pasti akan bermanfaat bagi kehidupan (3) Bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang media pembelajaran berbasis komik yang lebih kreatif dan inovatif pada standar kompetensi yang lainnya yang dalam penggunaanya harus disesuaikan dengan materi/ pokok bahasan tujuan pembelajaran yang diinginkan kondisi siswa kondisi guru dan sebagainya. selain itu hendaknya dalam pelaksanaan tindakan peneliti harus memperhatikan pengguanaan waktu agar penelitian dapat berjalan dengan baik sesuai rencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27807

Actions (login required)

View Item View Item