Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Tingkat SMP dalam Menyelesaikan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Tingkat SMP dalam Menyelesaikan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Fitriarifli, Nanda Rizki (2022) Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Tingkat SMP dalam Menyelesaikan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Asesmen Kompetensi Minimun ialah wujud evaluasi kompetensi pokok yang mencakup literasi membaca serta literasi numerasi. Literasi numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan berbagai macam bilangan dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah secara praktis dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan menganalisis informasi yang ditampilkan di dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dan lain sebagainya) lalu menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil kesimpulan dan keputusan. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan metode deskripstif. Analisa data yang dilakukan oleh peneliti mendiskripsikan kemampuan peserta didik untung masing-masing indikator. Penelitian di laksanakan di SMP Negara 4 Tuban. Lembar tes kemampuan numerasi di berikan kepada 10 siswa kelas VIII yang terpilih. Setelah mendapatkan 4 siswa yang memperoleh nilai tertinggi dan terendah, peneliti melaksanakan wawancara yang mengacu pada pedoman wawancara dan diperoleh hasil siswa dengan nilai uji kemampuan literasi numerasi yang tinggi dapat memenuhi 2 sampai 3 indikator kemampuan literasi numerasi, sementara siswa dengan kemampuan literasi numerasi yang rendah hanya memenuhi salah satu indikator. Secara umum siswa melakukan kesalahan saat proses penyelesaian pertanyaan uraian aljabar yakni pada saat kesalahan menghitung, perpindahan ruas kanan dan kiri serta kurang teliti dalam membaca atau menelaah soal yang diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: AKM, LITERASI NUMERASI, PROBLEM-SOLVING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:46
Last Modified: 03 Apr 2023 01:46
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2780

Actions (login required)

View Item View Item