Pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Muhammad Alfi Salam - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Muhammad Alfi Salam

Salam, Muhammad Alfi (2022) Pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Muhammad Alfi Salam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kompetensi sebagai perilaku yang rasional untuk mencapai tujuan yang dipersyaratkan sesuai dengan kondisi yang diharapkan. Kompetensi guru sendiri merupakan kemampuan seorang guru dalam melaksanakan kewajiban secara bertanggung jawab dan layak dimata pemangku kepentingan. Kompetensi guru penting dalam hubungan dengan kegiatan dan hasil belajar siswa. Proses belajar dan hasil belajar para siswa bukan saja ditentukan oleh sekolah pola struktur dan isi kurikulumnya akan tetapi sebagian besar ditentukan oleh kompetensi guru yang mengajar dan membimbing mereka. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui (1) Deskripsi kompetensi guru terhadap motivsi belajar siswa (2) Kompetensi Pedagogik terhadap motivasi belajar siswa (3) Kompetensi Kepribadian terhadap motivasi belajar siswa (4) Kompetensi Profesional terhadap motivasi belajar siswa (5) Kompetensi Sosial terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dengan jenis riset deskriptif eksplanatori. Populasi pada penelitian adalah siswa Kelas X XI dan XII BDP OTKP dan AKL di SMK Muhammadiyah 2 Malang sebanyak 171 Siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling yang digunakan adalah berupa proportional simple random sampling sebanyak 120 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dalam penelitan ini adalah melalui uji t (Parisal) hasilnya adalah kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi professional dan kompetensi sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas X XI dan XII BDP OTKP dan AKL. Sedangkan dalam Uji F (Simultan) secara Bersama-sama dimensi variabel kompetensi Guru (Kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian kompetensi professional kompetensi sosial) memiliki pengaruh positif dan signifkan terhadap motivasi belajar siswa. disarankan pula untuk melakukan penelitian lanjutan dengan metode penelitian yang berbeda dengan penelitian ini agar mendapatkan data yang mendalam sehingga diperoleh gambaran yang lebih komprehensif. Selain itu diharapkan peneliti meneliti faktor-faktor lain yang lebih mempengaruhi motivasi belajar siswa seperti dukungan orang tua sarana dan prasarana layanak akademik dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277995

Actions (login required)

View Item View Item