Implementasi pendidikan produk kreatif dan kewirausahaan berbasis online marketplace (studi pada SiswaJurusan Pemasaran SMK Muhammadiyah 08 Pakis) / Enggarsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan produk kreatif dan kewirausahaan berbasis online marketplace (studi pada SiswaJurusan Pemasaran SMK Muhammadiyah 08 Pakis) / Enggarsari

Enggarsari, Enggarsari (2023) Implementasi pendidikan produk kreatif dan kewirausahaan berbasis online marketplace (studi pada SiswaJurusan Pemasaran SMK Muhammadiyah 08 Pakis) / Enggarsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Enggarsari. 2022. Implementasi Pendidikan Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Berbasis Online Marketplace (Studi Pada Siswa Jurusan Pemasaran SMK Muhammadiyah 08 Pakis). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Heri Pratikto M.Si Kata Kunci Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Online Marketplace. Seiring dengan berjalannya waktu ilmu pengetahuan dan teknologi informasi akan semakin berkembang. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan sumber daya manusia yang kompeten dan pendidikan yang dapat membentuk generasi kreatif inovatif serta kompetitif dengan karakter yang unggul. Pendidikan kewirausahaan di sekolah dapat menjadi salah satu langkah strategis untuk mendukung pembangunan kewirausahaan di Indonesia sehingga diharapkan dapat menumbuhkan semangat jiwa kewirausahaan serta kemampuan berwirausaha siswa. SMK Muhammadiyah 08 Pakis memanfaatkan Online Marketplace sebagai media pembelajaran agar siswa dapat melakukan praktek kewirausahaan secara langsung. Fokus penelitian ini adalah (1) Penggunaan Online Marketplace pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (2) Proses pembelajaran pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan dan (3) Kesiapan serta kendala yang dihadapi oleh pihak sekolah guru dan siswa dalam melakukan proses pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus. Dalam hal ini peneliti adalah sebagai instrumen pertama. Data penelitian ini adalah ujaran-ujaran yang dihasilkan saat wawancara. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan voice recorder kamera pedoman wawancara dan catatan lapangan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kegiatan pembelajaran yang dilakukan sudah efektif jika ditinjau dari pelaksanaan pembelajaran sudah dapat dikatakan efektif didasari oleh tiga indikator yang sudah terlaksana yaitu kegiatan pendahuluan kegiatan inti serta penutupan. Terdapat empat faktor yang menjadi hambatan dalam berlangsungnya kegiatan pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan berbasis Online Marketplace Shopee yaitu keterbatasan guru dalam menguasi aplikasi Online Marketplace Shopee kesulitan siswa untuk mengembangkan toko di Online Marketplace Shopee kurangnya konsentrasi siswa saat menggunakan Smartphone dalam pembelajaran dan spesifikasi smartphone siswa yang kurang memadai. Diharapkan untuk pihak sekolah untuk mengkaji ulang kebutuhan guru di sekolah sehingga sekolah memiliki guru yang cukup dan guru memiliki waktu dalam meningkatkan kompetensi khususnya TIK maupun dalam mempersiapkan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Feb 2023 04:29
Last Modified: 11 Aug 2023 07:31
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277994

Actions (login required)

View Item View Item