Pengembangan media pembelajaran berbasis website pada mata pelajaran dasar-dasar pemasaran untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas x pemasaran di smk negeri 2 kediri) / FITA LUTVIANA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis website pada mata pelajaran dasar-dasar pemasaran untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas x pemasaran di smk negeri 2 kediri) / FITA LUTVIANA

Lutviana, Fita Lutviana (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis website pada mata pelajaran dasar-dasar pemasaran untuk meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas x pemasaran di smk negeri 2 kediri) / FITA LUTVIANA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan di masa sekarang perlu adanya reformasi baru yang menunjang kegiatan belajar serta memfasilitasi peserta didik untuk mereformasi pengetahuan yang lebih luas. Salah satu yang dilakukan oleh menteri pendidikan di Indonesia yaitu merevisi kurikulum dan menetapkan pada saat ini untuk menggunakan Kurikulum Merdeka. Dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat maka serta dukungan reformasi pengembangan pendidikan maka hal ini perlu adanya media pembelajaran yang inovatif yang menggunakan teknologi agar dapat menunjang proses belajar mengajar yang lebih baik. Salah satunya adalah media pembelajaran berbasis website. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan antara lain (1) Menghasilkan media pembelajaran berupa aplikasi BISMEN (Bisnis Manajemen) berbasis website pada mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berupa aplikasi BISMEN berbasis website yang telah dikembangkan melalui validasi ahli materi dan ahli media (3) Mengetahui perbedaan kemandirian peserta didik yang menggunakan dan tidak menggunakan media pembelajaran aplikasi (BISMEN) (4) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan dan tidak menggunakan media pembelajaran berupa aplikasi (BISMEN) berbasis website. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu dengan penelitian R amp D (Research and Development) yang menggunakan model dari Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti sehingga menjadi 7 langkah yaitu (1) Studi pendahuluan (2) Perencanaan (3) Pengembangan draf produk sementara (4) Uji coba lapangan awal (5) Revisi hasil uji coba (6) Uji coba lapangan kembali dan (7) Produk jadi. Produk akhir yang dihasilkan telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 6 peserta didik sebagai pengguna kelompok kecil serta subjek uji coba kelompok besar yang terbagi di kelas X Pemasaran 1 berjumlah 33 peserta didik sebagai kelas kontrol dan X Pemasaran 2 berjumlah 35 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini nantinya akan menghasilkan 2 data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat perbedaan hasil belajar menggunakan analisis independent sample t-test dan untuk melihat perbedaan kemandirian menggunakan analisis persentase. Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran berbasis website yang diberikan nama Bisnis Manajemen yang disingkat menjadi BISMEN yang kemudian diuji cobakan pada mata pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran pada Elemen 1 dan Elemen 2 di Kurikulum Merdeka. Keunikan dari produk yang dihasilkan yaitu user friendly sehingga aplikasi dapat diakses dan digunakan dengan mudah dari smartphone ataupun laptop serta mendukung mekanisasi sesuai kebutuhan guru dengan begitu pengoperasiannya dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran peserta didik. Pada hasil kemandirian belajar menunjukan bahwa dari hasil persentase pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan juga bahwa kemandirian peserta didik terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan dan kelas kontrol yang tidak menggunakan aplikasi BISMEN. Hasil validasi menunjukkan bahwa aplikasi ldquo sangat valid rdquo atau layak digunakan dan sesuai dengan peruntukannya tujuan pembelajaran kemudahan pengoperasian dan dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian dari validasi ahli materi mendapatkan nilai sebesar 95 78% kemudian pada penilaian validasi ahli media sebesar 96% dan pada uji coba penggunaan dari kelompok kecil memperoleh nilai sebesar 98%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi BISMEN dinyatakan sangat layak digunakan. Analisis hasil belajar diperoleh melalui uji independent paired sample t-test dengan bantuan aplikasi SPSS yang kemudian menunjukkan hasil sig. 0 000 lt 0 005. Sehingga H0 ditolak yang artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas yang menggunakan aplikasi BISMEN dengan kelas yang tidak menggunakan aplikasi tersebut. Saran yang diberikan untuk pemanfaatan lebih lanjut terhadap produk media pembelajaran berbasis website ini yaitu hendaknya tidak lepas dari bimbingan dari ahli materi (guru) mata pelajaran yang bersangkutan. Selain itu media pembelajaran tersebut dapat digunakan sebagai tambahan sumber belajar secara mandiri sehingga diharapkan setiap peserta didik perlu menyesuaikan kecepatan belajarnya sendiri agar informasi yang diperoleh tidak mudah hilang. Kemudian saran untuk pengembangan selanjutnya pada produk media pembelajaran berbasis website pengembangan ini masih terbatas pada materi skripsi sehingga peneliti berharap di kemudian hari perlu adanya pengembangan materi lebih lanjut lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277993

Actions (login required)

View Item View Item