Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI TPM 3 SMK Ahmad Yani Jabung Kabupaten Malang) / Sintya Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI TPM 3 SMK Ahmad Yani Jabung Kabupaten Malang) / Sintya Dewi

Dewi, Sintya (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI TPM 3 SMK Ahmad Yani Jabung Kabupaten Malang) / Sintya Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewi Sintya. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Kewirausahaan ( Studi Kasus pada Siswa Kelas XI TPM 3 SMK Ahmad Yani Jabung Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Suwarni M.Si (2) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. Kata Kunci Student Facilitator And Explaining Keaktifan Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK Ahmad Yani Jabung Kabupaten Malang kelas XI Tata Niaga Pemasaran (TPM) 3 pada mata diklat kewirausahaan diperoleh gambaran secara umum bahwa hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) hal tersebut nampak dari nilai rata-rata kelas dari 24 siswa hanya sebesar 51 dengan prosentase ketuntasan belajar 0%. Metode ceramah memang masih dominan dilakukan di kelas. Guru juga menggunakan variasi di dalam pembelajaran tetapi pada dasarnya para siswa kebanyakan belum terbiasa aktif dalam mengungkapkan pendapat belum berani mengangkat tangan dan menjawab pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan variasi model pembelajaran seperti model student facilitator and explaining. Melalui model pembelajaran student facilitator and explaining ini siswa akan lebih terampil dalam penguasaan materi dan menjadi lebih aktif mengemukakan pendapat. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang dilakukan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Ahmad Yani Jabung Kabupaten Malang yang beralamat di Jalan Raya Sukolilo No 2 RT 01 RW 01 Jabung Kabupaten Malang. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas XI TPM 3 SMK Ahmad Yani Jabung Kabupaten Malang semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 24 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara observasi tes berupa pre test dan post test dokumentasi dan catatan lapangan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat keterlaksanaan penerapan model Student Facilitator And Explaining dapat dibuktikan dari hasil aktivitas guru selama proses belajar mengajar di kelas yaitu pada siklus I pertemuan pertama diperoleh aktivitas guru sebesar 70% pada siklus I pertemuan kedua aktivitas guru sedikit meningkat menjadi 88 5%. Pada siklus II aktivitas guru lebih meningkat dibandingkan siklus I pada pertemuan pertama diperoleh aktivitas guru sebesar 100% dan pada siklus II pertemuan kedua diperoleh aktivitas guru sebesar 100% (2) keaktifan klasikal belajar siswa dapat meningkat secara signifikan setelah penerapan model Student Facilitator And Explaining. Terlihat dari siklus I pertemuan pertama sebesar 62 50% menjadi 67 50% pada siklus I pertemuan kedua. Pada siklus II pertemuan pertama keaktifan belajar sebesar 71 62%. Dan pada pertemuan terakhir terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa yaitu sebesar 73 19% (3) hasil belajar ranah kognitif yang sebelumnya prosentase ketuntasan belajar 0% meningkatkan menjadi 62 50% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 87 50% setelah penerapan model student facilitator and explaining (4) kendala yang dihadapi dalam penerapan model student facilitator and explaining antara lain siswa masih takut mengemukakan pendapat atau bertanya jika kurang paham mengenai materi yang diajarkan. Dari kendala tersebut solusi yang diberikan adalah guru menggunakan model belajar yang mampu melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar di dalam kelas dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining yang diharapkan tidak hanya mampu meningkatkan aspek kognitif siswa tetapi aspek sosial siswa dalam berinteraksi dalam kelompok diskusi maupun presentasi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyarankan (1) bagi guru model Student Facilitator And Explaining dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran dengan mempertimbangkan variasi model pembelajaran lain (2) bagi siswa hendaknya berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar siswa juga diharapkan mampu menggali pengetahuan tidak hanya sumber belajar yang telah diberikan sekolah saja tetapi dari sumber-sumber belajar lain. Sehingga pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru (3) bagi SMK Ahmad Yani Jabung Kabupaten Malang hendaknya lebih memfasilitasi sarana dan prasarana pembelajaran misalnya dengan menambah literatur buku pelajaran dan buku pengetahuan lain supaya siswa lebih tertarik untuk belajar (4) bagi peneliti selanjutnya agar lebih kreatif dan inovatif pada standar kompetensi yang sama atau yang lainnya yang dalam penerapan Student Facilitator And Explaining harus disesuaikan dengan materi/pokok bahasan tujuan pembelajaran yang diinginkan kondisi siswa fasilitas media yang tersedia dan kondisi guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27799

Actions (login required)

View Item View Item