Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif teknik Fan-N-Pick pada mata diklat pemasaran barang dan jasa (studi pada siswa kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Islam Batu) / Eldysa Puspita Widyanovita - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif teknik Fan-N-Pick pada mata diklat pemasaran barang dan jasa (studi pada siswa kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Islam Batu) / Eldysa Puspita Widyanovita

Widyanovita, Eldysa Puspita (2013) Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif teknik Fan-N-Pick pada mata diklat pemasaran barang dan jasa (studi pada siswa kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Islam Batu) / Eldysa Puspita Widyanovita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widyanovita Eldysa Puspita. 2013. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Fan-N-Pick Pada Mata Diklat Pemasaran Barang dan Jasa (Studi Pada Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Islam Batu). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed M.Si. (II) Dr. Aniek Indrawati S.Si M.M. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Fan-N-Pick Motivasi Belajar Hasil Belajar 12288 12288 12288 12288 Salah satu pembelajaran kooperatif yang dapat diterapkan guru di dalam kelas adalah pembelajaran kooperatif teknik Fan-N-Pick. Pembelajaran kooperatif teknik Fan-N-Pick memiliki karakteristik menggunakan kartu soal dan papan putar Fan-N-Pick. Dalam satu kelompok terdiri dari empat siswa yang akan bergantian tugas sesuai dengan nomor pada papan putar Fan-N-Pick. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif teknik Fan-N-Pick pada mata diklat Pemasaran Barang dan Jasa kelas XI Jurusan Pemasaran di SMK Islam Batu (2) Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran kooperatif teknik Fan-N-Pick pada mata diklat Pemasaran Barang dan Jasa kelas XI Jurusan Pemasaran di SMK Islam Batu (3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran kooperatif teknik Fan-N-Pick pada mata diklat Pemasaran Barang dan Jasa kelas XI Jurusan Pemasaran di SMK Islam Batu 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Pemasaran SMK Islam Batu tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 siswa dengan tahap penelitian (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi di setiap siklusnya. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal pre test dan post test pedoman observasi ketepatan guru dalam melaksanakan RPP dan proses belajar siswa lembar angket lembar catatan lapangan lembar diskusi teman sejawat dan dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran kooperatif teknik Fan-N-Pick telah dilaksanakan dengan lancar dalam 2 siklus yaitu 2 pertemuan di siklus I dan 3 pertemuan di siklus II. (2) Pembelajaran kooperatif teknik Fan-N-Pick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan tersebut ditunjukkan pada skor rata-rata siklus I yaitu 79 7% menjadi 85 3% di siklus II. (3) Pembelajaran kooperatif teknik Fan-N-Pick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan pada saat pre test siklus I nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 42 menjadi 60 5 di siklus II. Pada saat post test juga meningkat dari siklus I sebesar 72 menjadi 86 7 di siklus II. Ketuntasan belajar klasikal juga meningkat baik pada saat pre test maupun post test. Pada saat pre test ketuntasan belajar klasikal meningkat dari siklus I sebesar 0% menjadi 19 2% di siklus II. Sedangkan pada saat post test ketuntasan belajar klasikal meningkat dari siklus I sebesar 53 6% menjadi 89 3% di siklus II. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Pembelajaran kooperatif teknik Fan-N-Pick telah dilaksanakan selama 2 siklus dengan 5 kali pertemuan (2) Melalui pembelajaran kooperatif teknik Fan-N-Pick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa (3) Melalui pembelajaran kooperatif teknik Fan-N-Pick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang dapat disampaikan yaitu (1) Bagi guru mata diklat Pemasaran Barang dan Jasa sebaiknya memperhatikan pengelolaan waktu pelaksanaan dan pengkondisian kelas yang baik saat menerapkan pembelajaran kooperatif teknik Fan-N-Pick menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan lebih memotivasi siswa agar bersemangat belajar (2) Bagi siswa kelas XI Jurusan Pemasaran SMK Islam Batu sebaiknya dapat berorganisasi dengan baik dan kompak dengan anggota satu kelompok disiplin menjalankan prosedur Fan-N-Pick dan membiasakan diri belajar berkelompok (4) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya lebih memperhatikan pengelolaan waktu dan kelas yang baik dalam menerapkan pembelajaran kooperatif teknik Fan-N-Pick serta memberikan penguatan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27798

Actions (login required)

View Item View Item