Wardhani, Fanti Kusuma (2013) Penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan mix pair share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (studi pada siswa kelas XI-APK di SMK Tekstil Pandaan) / Fanti Kusuma Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci - Model Pembelajaran Student Teams Acheievement Divison (STAD) Mix Pair Share Motivasi Belajar Hasil Belajar Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievemnt Division (STAD) dan Mix Pair Share (2) motivasi belajar siswa pada saat diterapkan model (3) hasil belajar siswa setelah penerapan model (4) hambatan-hambatan dan solusi pada saat penerapan model. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Tekstil Pandaan yang berjumlah 25 siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu menyusun rancangan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi wawancara catatan lapangan angket dokumentasi dan tes. Analisis data penelitian meliputi tiga hal (1) reduksi data dimulai pada saat observasi sebelum membuat latar belakang penelitian dilanjutkan saat pelaksanaan penelitian dan setelah penelitian dilakukan (2) penyajian data dilakukan setelah melakukan pengamatan yaitu setelah melakukan observasi dan pada saat pelaksanaan penelitian dan (3) penarikan kesimpulan dilakukan pada saat awal sampai akhir pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil data angket motivasi belajar siswa yang diberikan kepada siswa setelah penerapan model pembelajaran pada siklus I presentase rata-rata yang diperoleh adalah 65 53% sedangkan pada siklus II presentase rata-rata yang diperoleh adalah 69 3%. Peningkatan motivasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II meningkat sebesar 3 77%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa aspek afektif pada siklus I yaitu 66 07% sedangkan pada siklus II yaitu 79 46% jadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada aspek afektif adalah 13 39%. Sedangkan nilai hasil rata-rata belajar siswa aspek psikomotorik pada siklus I yaitu 60% pada siklus II yaitu 83 75% jadi peningkatan nilai rta-rata hasil belajar siswa aspek psikomotorik adalah 23 75%. Beberapa saran yang dapat diberikan antara lain (1) Bagi guru SMK Tekstil Pandaan khususnya guru Mata Diklat Kewirausahaan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dan Mix Pair Share dapat dijadikan alternatif pilihan dalam kegiatan belajar mengajar dengan materi yang lebih menekankan pada kegiatan praktik agar siswa mendapatkan kesempatan untuk aktif dan sekaligus melatih percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapat (2) Bagi siswa khususnya kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Tekstil Pandaan sebaiknya siswa mempersiapkan diri dengan belajar dahulu sebelum pelajaran di mulai dan (3) Bagi peneliti khususnya mahasiswa Universitas Negeri Malang hasil penelitian dapat dijadikan bahan referensi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27797 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |