Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melaksanakan proses administrasi transaksi melalui cooperative learning tipe rounddrobbin brainstorming (studi pada siswa kelas X Tata Niaga di SMK PGRI Turen) / Novita Rifaul Kirom - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melaksanakan proses administrasi transaksi melalui cooperative learning tipe rounddrobbin brainstorming (studi pada siswa kelas X Tata Niaga di SMK PGRI Turen) / Novita Rifaul Kirom

Kirom, Novita Rifaul (2013) Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melaksanakan proses administrasi transaksi melalui cooperative learning tipe rounddrobbin brainstorming (studi pada siswa kelas X Tata Niaga di SMK PGRI Turen) / Novita Rifaul Kirom. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci keaktifan hasil belajar siswa cooperative learning roundrobbin brainstorming Salah satu indikator yang kurang dalam pembelajaran di kelas adalah hasil belajar siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) dan siswa yang kurang percaya diri sehingga kurang aktif. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran masih bersifat teacher oriented. Solusinya adalah pemilihan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa sehingga hasil belajar siswa juga meningkat. Salah satu model pembelajaran yang efisien dan menarik adalah cooperative learning tipe roundrobbin brainstorming. Karena model pembelajaran ini menuntut siswa untuk dapat berpendapat dalam kelompok diskusi. Rumusan masalah penelitian (1) Bagaimanakah penerapan cooperative learning tipe roundrobbin brainstorming (2) Apakah dengan penerapan cooperative learning tipe roundrobbin brainstorming dapat meningkatkan keaktifan siswa (3) Apakah dengan penerapan cooperative learning tipe roundrobbin brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa (4) Adakah hambatan-hambatan dalam penerapan model cooperative learning tipe roundrobbin brainstorming Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui dua siklus dimana pada setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Niaga SMK PGRI Turen yang berjumlah 29 siswa. Data penelitian ini meliputi nilai siswa sebelum dilakukannya penelitian soal kuis (post test) lembar observasi aktivitas siswa lembar interview angket siswa dan catatan lapangan selama penelitian. Sedangkan sumber data yang diperoleh dari siswa guru pengajar standar kompetensi melaksanakan proses administrasi transaksi dan teman sejawat yang berttugas sebagai observer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan interview observasi catatan lapangan dokumentasi angket dan presensi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan cooperative learning tipe roundrobbin brainstorming dilaksanakan dalam dua siklus dan terlaksana dengan baik sesuai dengan sintaknya (2) penerapan cooperative learning tipe roundrobbin brainstorming pada standar kompetensi melaksanakan proses administrasi transaksi dapat meningkakan keaktifan terbukti dengan presentase rata-rata keaktifan siswa pada siklus I 76 5%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 4% yaitu 80 5% . (3) Presentase ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif sebelum dilaksanakannya tindakan adalah 14% setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I ketuntasan dalam tugas kelompok mencapai 79% dan hasil post test mencapai 55%. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa aspek kognitif mengalami kenaikan yaitu dalam tugas kelompok mencapai 96 6% dan hasil dari post test mencapai 86%. peningkatan presentase tugas kelompok mencapai 17 6% dan hasil post test mencapai 31%. Presentase nilai afektif siswa pada siklus I mencapai 81% pada siklus II mengalami kenaikan sebesar 6% yaitu 87%. (4) hambatan dan solusi dalam penerapan cooperative learning tipe roundrobbin brainstorming adalah sebagai berikut penerapan cooperative learning tipe roundrobbin brainstorming membutuhkan waktu yang lama sehingga solusi yang diberikan yaitu diskusi kelompok dilakukan pada pertemuan ke-2 dari setiap siklus media pembelajaran kurang mendukung penerapan cooperative learning tipe roundrobbin brainstorming maka solusi peneliti adalah membuatkan modul untuk dipegang oleh seluruh siswa sebelum diterapkannya cooperative learning tipe roundrobbin brainstorming siswa kurang percaya diri untuk mengutarakan pendapatnya tetapi dalam penerapan ini siswa mulai percaya diri karena guru mulai memancing kepercayaan diri siswa dengan memberi pertanyaan memberi penguatan berupa penambahan nilai atau skor. Paparan hasil data diatas Peneliti menyarankan (1) Bagi Guru Standar Kompetensi Melaksanakan Proses Administrasi Transaksi cooperative learning tipe roundrobbin brainstorming dapat dijadikan alternatif selama proses pembelajaran (2) Bagi siswa sebaiknya siswa lebih berkonsentrasi dalam pembelajaran (3) Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi dengan penelitian yang selaras.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27796

Actions (login required)

View Item View Item