Penerapan model pembelajaran carousel feedback sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa studi pada SMK Negeri 1 Pamekasan kelas XI keuangan mata diklat kewirausahaan / Shofiyani, Syarif - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran carousel feedback sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa studi pada SMK Negeri 1 Pamekasan kelas XI keuangan mata diklat kewirausahaan / Shofiyani, Syarif

Syarif, Shofiyani (2013) Penerapan model pembelajaran carousel feedback sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa studi pada SMK Negeri 1 Pamekasan kelas XI keuangan mata diklat kewirausahaan / Shofiyani, Syarif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model pembelajaran Carousel Feedback hasil belajar Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil wawancara guru dan pengamat awal di kelas menunjukkan bahwa selama ini guru mata diklat Kewirausahaan kelas XI Keuangan SMK Negeri 1 Pamekasan mengajar dengan menggunakan metode ceramah dan belum pernah menggunakan model pembelajaran Carousel Feedback. Oleh karena itu dengan melihat permasalahan yang dialami saat proses belajar di kelas perlu dilakukan proses belajar mengajar dengan menggunakan suatu model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran Carousel Feedback. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Keuangan SMK Negeri 1 Pamekasan. Teknik pengambilan dan pengumpula data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi pedoman wawancara tes catatan lapangan da dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model alur. Tujuan dilakukan penelitian dalam penerapan model pembelajaran Carousel Feedback pada mata diklat Kewirausahaan adalah (1) Peneliti menerapkan kepada siswa di kelas tentang model pembelajaran Carousel Feedback (2) Peneliti melihat adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah model pembelajaran Carousel Feedback di kelas (3) Peneliti mengetahui hambatan-hambatan dalam pelaksanaan model pembelajaran Carousel Feedback. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Carousel Feedback yang dilakukan pada mata pelajaran Kewirausahaan siswa kelas XI Keuangan SMK Negeri 1 Pamekasan. Menunjukkan hasil belajar siswa siklus I ke siklus II dilihat dari aspek kognitif yaitu pada siklus I prosentase i berdasarkan pre test dapat diketahui rata-rata hasil belajar siswa aspek kognitif adalah sebesar 58 66%. Sedangkan untuk ketuntasan belajar pada siklus II berdasarkan post test dapat diketahui nilai rata-rata hasil belajar sisiwa mengalami peningkatan yaitu menjadi 84 16%. Berdasarkan hasil penemuan pada penelitian tersebut dapat disarankan bahwa dalam menerapkan model pembelajaran Carousel Feedback dapat menjadi metode alternative dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk siswa agar lebih dapat berperan aktif dalam proses belajar mengajar di kelas. Sedangkan bagi peneliti sendiri adanya penelitian menggunakan model pembelajaran Carousel Feedback dapat dijadikan refrensi ketika menjadi guru nantinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27793

Actions (login required)

View Item View Item