Ngazah, Yuliya Nur (2013) Penerapan model pembelaran NHT (Numbered Head Together) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi memahami prinsip-prinsip bisnis (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Yuliya Nur Ngazah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) Hasil Belajar. Kualitas kegiatan belajar mengajar di kelas harus ditingkatkan agar mutu pendidikan di sekolah semakin meningkat. Salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan penyempurnaan kurikulum serta penggunaan metode yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah metode pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif yang lazimdigunakan yaitu Student Teams Achievement Division (STAD) Jigsaw Group Investigation(GI) dan metode struktural yang terdiri dari dua model Think Pair Share (TPS) dan Numbered Head Together (NHT). Dalam penelitian ini metode pembelajaran kooperatif yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Head Together). Model pembelajaran NHT adalah struktur yang melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dengan pembentukan kelompok-kelompok kecil. Penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat kali pertemuan.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) (2) untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa pada model pembelajaran NHT (Numbered Head Together). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) sudah berjalan dengan baik siswa antusias dalam kegiatan diskusi dan siswa dapat mengungkapkan pendapat dengan baik walaupun pendapat siswa terkadang kurang sesuai dengan materi yang dibahas (2) hasil nilai ulangan sebelum diterapkannya model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) siswa yang tuntas hanya 3 siswa dengan daya serap klasikal sebesar 16 6%. Sedangkan pada siklus I penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) nilai rata-rata kelas adalah 70 dan siswa yang belum tuntas ada 11 siswa dengan daya serap klasikal 61 1% dan yang tuntas sejumlah 7 siswa dengan daya serap klasikal 38 8%. Pada siklus II tejadi peningkatan rata-rata nilai yaitu 86 6 dengan jumlah siswa yang belum tuntas sejumlah 4 siswa dengan daya serap klasikal sebesar 22 2 % sedangkan siswa yang tuntas sejumlah 14 siswa dengan daya serap klasikal 77 7%. Jadi dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 38 9%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan saran yang diberikan oleh peneliti adalah 1) Bagi guru pengajar standar kompetensi memahami prinsip-prinsip bisnis di SMK Muhammadiyah 2 Malang disarankan untuk menerapkan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) namun hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan dan lingkungan belajar siswa dalam rangka meningkatkan hasil belajar 2) Bagi Siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang diharapkan dapat saling bekerjasama saling membantu antar peserta didik saling menghargai dan berani mengemukakan pendapatnya. 3) Bagi Peneliti Selanjutnya disarankan dalam pemilihan anggota kelompok dibentuk sesuai dengan lingkungan belajar selain itu penggunaan waktu harus diperhatikan supaya proses pembelajaran berjalan dengan baik 4) Bagi pengamat yang telah ditunjuk oleh peneliti diharapkan dalam melakukan pengamatan lebih detail untuk mendeskripsikan yang terjadi di kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung terutama mengenai pengelolaan kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27791 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |