Penerapan kolaborasi model pembelajaran think pair share dengan talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melaksanakan negosiasi (studi pada siswa kelas XI Pemasaran di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Reviana Widiawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi model pembelajaran think pair share dengan talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melaksanakan negosiasi (studi pada siswa kelas XI Pemasaran di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Reviana Widiawati

Widiawati, Reviana (2013) Penerapan kolaborasi model pembelajaran think pair share dengan talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi melaksanakan negosiasi (studi pada siswa kelas XI Pemasaran di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Reviana Widiawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Think Pair Share Talking Stick Hasil Belajar. Berdasarkan data-data pada saat pra penelitian yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Malang diperoleh informasi bahwa pembelajaran pada standar kompetensi Melaksanakan Negosiasi masih jarang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Think Pair Share dengan Talking Stick. Model pembelajaran ini akan membuat siswa lebih menguasai materi serta menghilangkan rasa bosan karena diselingi dengan permainan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) Observasi dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah 39 siswa kelas XI Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penerapan kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share dengan Talking Stick ini telah terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar kognitif sebesar 74 36% sedangkan pada siklus II sebesar 87 18%. Peningkatan terjadi sebesar 12 82%. Sedangkan hasil belajar siswa ditinjau dari aspek afektif siklus I sebesar 66 67%. Berdasarkan kriteria penilaian afektif maka nilai rata-rata siswa B dengan keterangan Baik sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa ditinjau dari aspek afektif sebesar 82 05% berdasarkan kriteria penilaian afektif maka nilai rata-rata siswa A dengan keterangan Baik Sekali . Maka terjadi peningkatan hasil belajar ditinjau dari rata-rata aspek afektif yaitu sebesar 15 38%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran Think Pair Share dan Talking Stick pada standar kompetensi melaksanakan negosiasi pada kelas XI Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang dilakukan dengan tiga tahap yaitu Think Pair Share dikolaborasikan dengan Talking Stick ini dapat dikatakan berhasil tetapi kurang maksimal. (2) penerapan model pembelajaran Think Pair Share dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan aspek afektif (3) kendala dan solusi yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran Think Pair Share dan Talking Stick adalah siswa belum terbiasa dengan pembelajaran ini sehingga pada tahap Think Pair Share yang dikolaborasikan dengan Talking Stick menjadi kurang maksimal. Untuk mengatasinya peneliti memberikan motivasi kepada siswa agar tetap aktif dan percaya diri selama pembelajaran selain itu penggunaan waktu yang cukup lama dalam penerapan Think Pair Share dengan Talking Stick membuat penggunaan waktu masih belum sesuai dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Solusi pemecahannya peneliti harus dapat mengatur waktu dan tidak bosan untuk mengingatkan siswa tentang waktu yang telah dipakai dan berapa lama lagi sisa waktu yang dimiliki agar dalam penerapan model Think Pair Share dengan Talking Stick baik peneliti dan siswa dapat memanfaatkan waktu secara maksimal. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan saran yang diberikan oleh peneliti adalah 1) bagi sekolah diharapkan dapat digunakan sebagai pedoman dalam memberikan inovasi untuk peningkatan pelaksanaan pembelajaran yang ada di kelas namun perlu dipertimbangkan kriteria mata pelajaran sebaiknya mata pelajaran tersebut sesuai karakteristiknya 2) bagi guru penerapan model pembelajaran Think Pair Share dan Talking Stick diharapkan mempertimbangkan beberapa hal yaitu (a) untuk memperhatikan dalam penggunaan waktu agar sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (b) guru memilih materi yang sesuai karakteristik model pembelajaran think pair share dengan talking stick (c) peran guru sangat dibutuhkan untuk memberi pengarahan pada siswa agar siswa lebih percaya diri sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang menjadi lebih baik. 3) bagi siswa diharapkan pada saat model pembelajaran think pair share dengan talking stick perlu meningkatkan keaktifan dalam bertanya maupun berpendapat agar lebih memahami materi dan bisa menjadi inovasi pembelajaran siswa untuk meningkatkan hasil belajar. 4) bagi peneliti lain disarankan untuk memperhatikan dalam membuat catatan lapangan dengan format yang lebih banyak untuk observer dalam pelaksanaannya observer juga harus bisa dalam pengelolaan kelas agar siswa tidak rame sehingga memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru dan memberikan penguatan pada siswa yang kurang aktif misalnya memberikan nilai tambahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27789

Actions (login required)

View Item View Item