Implementasi pembelajaran kooperatif model problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas x Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang pada mata pelajaran kewirausahaan) / iIfa Lailatul Arafah

Arafah, Ifa Lailatul (2012) Implementasi pembelajaran kooperatif model problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas x Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang pada mata pelajaran kewirausahaan) / iIfa Lailatul Arafah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Pendekatan Kooperatif, Aktivitas siswa, Hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran Kewirausahaan kelas X Pemasaran (PMS) SMK Muhammadiyah 2 Malang,dapat diidentifikasikan beberapa masalah antara lain, metode diskusi kelompok kecil masih belum dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar yang dicapai juga belum maksimal. Hal ini berarti kurangnya motivasi yang diberikan oleh guru pada siswa saat melakukan diskusi, .Pada Kendala lain yang dapat diidentifikasi adalah hasil belajar yang belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mendeskripsikan implementasi pembelajaran kooperatif model PBL pada siswa. (2). Mengetahui aktivitas siswa setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model PBL. (3) Mengetahui Hasil Belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model PBL.(4) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran kooperatif model PBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang merupakan Penelitian tindakan Kelas(PTK).Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan lembar observasi, pedoman wawancara catatan. Sedangkan teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilaksanakan di kelas X PMS SMK Muhammadiyah dengan jumlah siswa 41 orang, pada mata pelajaran Kewirausahaan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Implementasi pembelajaran kooperatif model PBL pada kelas X PMS SMK Muhammadiyah 2 Malang sudah baik (2) Implementasi pembelajaran kooperatif model PBL dapat meningkatkan Aktivitas Siswa. Hasil ini dapat dilihat dari peningkatkan presentase Siklus I dan Siklus II sebesar 47,45% menjadi 63,40% (3) Implementasi pembelajaran kooperatif model PBL dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase siklus I dan II sebesar 72,19% menjadi 79,95%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, saran yang diberikan oleh peneliti adalah (1) Guru SMK Muhammadiyah.2 Malang diharapkan untuk mencoba menerapkan pembelajaran kkoperatif yang inovatif agar siswa termotivasi dan dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal (2) Siswa hendaknya lebih giat belajar, dan lebih meningkatkan kreativitas untuk mengungkapkan pendapat karena pembelajaran tersebut akan melatih siswa berpikir kritis, berani mengungkapkan pendapat. (3) Penulis mengharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti-peneliti selanjutnya untuk mencari solusi bagaimana cara guru mengontrol atau membuat para siswa lebih menghargai guru ketika sedang ada didepan kelas memberikan bimbingan atau pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27788

Actions (login required)

View Item View Item