Khisbullah, M. Afrizal (2012) Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa / M. Afrizal Khisbullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Aktivitas Hasil belajar Model pembelajaran Think Pair Share dapat melatih siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir dan keterampilan intelektual. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti menerapkan model Pembelajaran Think Pair Share agar aktivitas belajar siswa meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa (2) Apakah penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa (3) Bagaimanakah respon siswa terhadap pembelajaran model Think Pair Share (4) Bagaimanakah respon siswa terhadap pembelajaran model Think Pair Share Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Jasa Boga SMK Kartika IV-1 Malang tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 43 orang. Tahap dalam penelitian ini (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi (4)refleksi di setiap siklusnya. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) soal-soal post test (2) pedoman observasi aktivitas guru dan siswa (4) pedoman observasi hasil belajar aspek kognitif (5) catatan lapangan. langkah-langkah analisis data terdiri dari 3 alur kegiatan yang terjadi secara bertahap yaitu (a) data reduction (reduksi data) (b) data display (penyajian data) dan (c) conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas kelas Kelas X Jasa Boga Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan SMK Kartika IV-1 Malangdari siklus 1 ke siklus 2. rata-rata siswa meningkat dari 71 66%pada siklus 1 menjadi 88 33% pada siklus 2. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata ujian siswa yang meningkat dari 73 88 pada siklus 1 dengan ketuntasan 64% menjadi 85 71 dengan ketuntasan belajar 90 47% pada siklus 2. Dari hasil penelitian ini disarankan guru dapat menerapkan model pembelajaran Think Pair Share karena dengan model pembelajaran ini siswa memiliki waktu yang lebih untuk memahami materi siswa berfikir kreatif dalam memecahkan masalah dan terampil dalam mengungkapkan pendapat. Bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan Model Think Pair Share bukan hanya pada Mata Pelajaran Kewirausahaan tetapi juga pada mata pelajaran lain yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27786 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |