Penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelas X administrasi perkantoran SMK NU Bululawang mata pelajaran kewirausahaan) / Miftahul Darmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelas X administrasi perkantoran SMK NU Bululawang mata pelajaran kewirausahaan) / Miftahul Darmawan

Darmawan, Miftahul (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelas X administrasi perkantoran SMK NU Bululawang mata pelajaran kewirausahaan) / Miftahul Darmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif TGT Aktivitas Hasil Belajar Berdasarkan studi pendahuluan di Kelas X Administrasi Perkantoran SMK NU Bululawang terdapat permasalahan diantaranya adalah (1) tidak semua siswa memperhatikan penjelasan guru (2) siswa enggan bertanya tentang materi yang dijelaskan. Sehingga aktivitas belajar siswa sangat rendah dan berpengaruh pada hasil belajar yang kurang maksimal. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dapat dibuat rumusan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) terhadap siswa Kelas X Administrasi Perkantoran pada mata pelajaran Kewirausahaan di SMK NU Bululawang (2) Apakah pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses belajar-mengajar pada mata pelajaran Kewirausahaan di Kelas X Administrasi Perkantoran (3) Apakah pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan hasi belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan di Kelas X Administrasi Perkantoran . Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK NU Bululawang. Teknik dalam penelitian ini menggunakan (1) wawancara (2) observasi (3) catatan lapangan (4) tes dan (5) dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan aktivitas belajar dari siklus ke siklus. Pada siklus I aktivitas belajar siswa sebelum penerapan adalah 44 63% meningkat setelah dilakukan penerapan menjadi 87 35%. Pada siklus II aktivitas belajar sebelum penerapan adalah 55 74% meningkat menjadi 90 42% setelah dilakukan penerapan. Hal ini membuktikan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Sedangkan pada hasil belajar siswa penerapan pembelajaran kooperatif model TGT juga dapat meningkatkan hasil belajar dari siklus ke siklus. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis data pada siklus I yakni nilai rata-rata kelas pada pre-test 63 10 meningkat menjadi 79 31 pada post-test atau terjadi peningkatan sebesar 16 21%. Pada siklus II hasil belajar juga mengalami peningkatan dimana nilai rata-rata pre-test 75 51 meningkat menjadi 82 06 pada post-test atau terjadi peningkatan sebesar 6 55%. iii Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) bagi siswa khususnya Kelas X Administrasi Perkantoran SMK NU Bululawang untuk lebih meningkatkan aktivitas belajar dengan cara berani mengungkapkan pendapat/saran atau mengajukan pertanyaan sehingga menciptakan gairah belajar bagi siswa-siswa yang lain. (2) bagi guru khususnya guru di SMK NU Bululawang disarankan untuk menerapan model pembelajaran yang inovatif seperti pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) atau model pembelajaran lain disesuaikan dengan kondisi dan kompetensi dasar tertentu. Disamping itu guru juga disarankan untuk senantiasa memberikan motivasi dan dorongan belajar kepada siswa untuk lebih aktif dan termotivasi sehingga hasil belajar yang diharapkan bisa terealisasi dengan baik. (3) Bagi peneliti diharapkan untuk melakukan penelitian dengan pembelajaran kooperatif dengan model yang sama pada mata pelajaran yang sama/berbeda namun dalam tempat atau subyek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27783

Actions (login required)

View Item View Item