Penerapan metode pembelajaran make a-match untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi siswa kelas X program keahlian jasa boga mata pelajaran kewirausahaan di SMK Kartika IV-1 Malang) / Rizqi Maulana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran make a-match untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi siswa kelas X program keahlian jasa boga mata pelajaran kewirausahaan di SMK Kartika IV-1 Malang) / Rizqi Maulana

Maulana, Rizqi (2012) Penerapan metode pembelajaran make a-match untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi siswa kelas X program keahlian jasa boga mata pelajaran kewirausahaan di SMK Kartika IV-1 Malang) / Rizqi Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Make A Match Hasil Belajar Metode pembelajaran Make A Match merupakan metode pembelajaran kooperatif dengan mencocokan kartu. melalui model Mencari Pasangan (Make A Match) muncul keaktifan siswa yang terdata dari ide yang ada dalam pemecahan jawaban yang tepat diharapkan dapat dapat terpenuhi dengan baik. Dalam penelitian ini permasalahan yang akan di bahas meliputi. (1) Bagaimanakah penerapan metode Pembelajaran Make A Match pada siswa kelas X (2) Apakah Metode Pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X (3) Apa saja faktor pendukung dan kendala penerapan Metode Pembelajaran Make A Match dan (4) Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran Make A Match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif terdiridari dua siklus. Masing masing siklus terdiri dari empat tahapan antara lain perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jasa Boga pada mata pelajaran kewirausahaan. Teknik pengumpukan data yang dilakukan adalah observasi (aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran) wawancara tes catatan lapangan angket dan dokumentasi. Analisanya adalah melalui 3 tahap yaitu reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini telah terbukti dengan penerapan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada aspek kognitif siklus I menunjukan 62 05% sedangkan pada siklus II menunjukan 70 25% hal tersebut menjelaskan adanya peningkatan persentase sebesar 8 2%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Jasa Boga SMK Kartika IV -1 Malang. Saran yang disampaikan oleh peneliti antara lain (1) bagi sekolah untuk memberikan fasilitas yang sama dalam mendukung pembelajaran yang inovatif dalam kelas. (2) disarankan bagi guru untuk menerapkan model pembelajaran yang inovatif dalam melaksanakan pembelajaranya. (3) bagi siswa untuk lebih sering melatih kemampuan berbicara dalam kelas serta mengungkapkan gagasan dalam diskusi. (4) Bagi peneliti lain disarankan untuk menggunkan metode Make A Match untuk mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27782

Actions (login required)

View Item View Item