Implementasi pembelajaran kooperatif model make a match untuk meningkatkan belajar siswa kepada mata diklat kewirausahaan / Agha Vananda Yoel - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kooperatif model make a match untuk meningkatkan belajar siswa kepada mata diklat kewirausahaan / Agha Vananda Yoel

Yoel, Agha Vananda (2012) Implementasi pembelajaran kooperatif model make a match untuk meningkatkan belajar siswa kepada mata diklat kewirausahaan / Agha Vananda Yoel. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Make a Match Hasil Belajar. Hasil Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Model Pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran kewirausahaan dan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Ardjuna 1 Malang tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 27 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatam yang bersifat kualitatif deskriptif sumber data dari penelitian ini adalah primer yang diperoleh langsung dari pengumpulan data dilakukan oleh peneliti dibantu oleh tiga pengamat. Hasil catatan lapangan observasi aktivitas guru dan siswa di SMK Ardjuna 1 Malang dianalisis melalui 3 tahap yaitu reduksi data paparan data dan kemudian penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 2 April sampai 30 April 2012 terdapat dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa siklus I ke siklus II yang dapat diukur dari hasil observasi aktivitas siswa siklus I sebesar 84 79% dan siklus II sebesar 97 43% terjadi peningkatan sebesar 12 64%. Pada aspek afektif juga terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 71 1% ke siklus II sebesar 84 4% terjadi rata-rata presentase peningkatan sebesar 13 3%. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif (pre-test dan post-test) yaitu pada siklus I setelah dilakukan tindakan rata-rata presentase kelulusan belajar 79% pada siklus II setelah dilakukan tindakan rata-rata presentase kelulusan belajar 81 5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model pembalajaran ini bisa dijadikan alternatif pilihan Model Pembelajaran di kelas walau terdapat kesulitan dalam penerapan model pembelajaran Make a Match tetapi penelitian ini mampu meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Ardjuna 1 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27781

Actions (login required)

View Item View Item