Pemanfaatan CD pembelajaran berbasis Adobe Flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan (Studi pada siswa kelas X Akomodasi Perhotelan SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Esti Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan CD pembelajaran berbasis Adobe Flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan (Studi pada siswa kelas X Akomodasi Perhotelan SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Esti Utami

Utami, Esti (2012) Pemanfaatan CD pembelajaran berbasis Adobe Flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan (Studi pada siswa kelas X Akomodasi Perhotelan SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Esti Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pemanfaatan CD Pembelajaran berbasis Adobe Flash Hasil belajar Berdasarkan hasil observasi metode pembelajaran yang diterapkan di SMK Muhamadiyah 03 Singosari selama ini adalah metode konvensional melalui ceramah dan tanya jawab. Dengan metode itu menyebabkan siswa menjadi pasif dalam belajar. Oleh karena itu perlu adanya sebuah pembaharuan pembelajaran untuk mengubah paradigma tersebut yaitu dengan penerapan media pembelajaran berbasis Adobe Flash sehingga suasana belajar lebih kondusif dan siswa terlibat aktif didalamnya. Salah satu pendekatan pembelajaran yang memperhatikan hal tersebut adalah pemanfaatan CD pembelajaran berbasis Adobe Flash. Dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash siswa tidak hanya duduk diam. Media juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman memudahkan penafsiran data dan memadatkan informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan CD pembelajaran berbasis Adobe Flash dapat meningkatkan hasil belajar serta mengetahui kelebihan dan kelemahan dalam pemanfaatan CD pembelajaran berbasis Adobe Flash pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas X APL (Akomodasi Perhotelan) SMK Muhamadiyah 03 Singosari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen dengan Pre-test and Post-test Group Design. Berdasarkan hasil pengolahan data dalam penelitian ini kelas eksperimen hasil pre-test diperoleh sebesar 62 37 dan pre-test kelas kontrol diperoleh sebesar 58 45 post-test kelas eksperimen diperoleh sebesar 76 58 dan kelas kontrol diperoleh hasil post-test sebesar 67 50 dari data tersebut diperoleh hasil rata-rata dari nilai post-test kedua kelas sebesar 13 45%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dalam proses pembelajaran dikelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan memanfaatkan CD pembelajaran berbasis Adobe Flash dan dikelas kontrol dengan metode konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Perlunya peran dari semua pihak di lingkungan sekolah dalam pemanfaatan CD pembelajaran berbasis Adobe Flash dapat dijadikan alternatif dalam pola pembelajaran yang sehari-hari dapat diterapkan di sekolah (2) Guru dalam proses pembelajaran dapat memanfaatkan CD pembelajaran berbasis Adobe Flash dan bisa menguasai pemograman Action Scrib agar bisa membuat tampilan Adobe Flash yang menarik sehingga hasil belajar siswa dapat tercapai secara maksimal (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan agar nantinya memiliki keahlian dalam ii pemograman Action Scrib karena cara pembuatannya sangat rumit dan dukungan dari pihak sekolah untuk mengizinkan dalam penambahan waktu pada saat penelitian supaya mendapatkan hasil yang maksimal dan bermanfaat untuk berbagai pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27779

Actions (login required)

View Item View Item