Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) (studi pada kelas X bisnis dan manajemen pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Arjuna 1 Malang) / Aditiya Fadly - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) (studi pada kelas X bisnis dan manajemen pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Arjuna 1 Malang) / Aditiya Fadly

Fadly, Aditiya (2012) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) (studi pada kelas X bisnis dan manajemen pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Arjuna 1 Malang) / Aditiya Fadly. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Problem Based Learning Aktivitas Hasil belajar siswa Berdasarkan hasil observasi di kelas X Bisnis dan Manajemen SMK ARDJUNA 1 Malang terdapat beberapa masalah diantaranya adalah (1) tidak semua siswa mengikuti penjelasan guru namun siswa enggan untuk bertanya (2) guru cenderung menggunakan metode ceramah merangkum lalu memberikan tugas (3) siswa cenderung masih belajar hanya dengan cara menghafal mencatat materi dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan (4) siswa kurang termotivasi ketika mengikuti kegiatan belajar di kelas. Kondisi seperti ini mengakibatkan pemahaman siswa rendah karena mereka cenderung pasif dan hal ini juga berpengaruh pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tidakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Bisnis dan Manajemen di SMK ARDJUNA 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) dokumentasi tes catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Pengumpulan data Data Reduction (Reduksi Data) Data Display (Penyajian Data) dan Conclusion Drawing (Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dari siklus ke siklus. Berdasarkan analisis data aktivitas belajar melalui lembar observasi yang telah dilakukan oleh peneliti baik pada siklus I maupun II. Peningkatan pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning (PBL) ini telah terbukti mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada frekuensi bertanya terjadi peningkatan sebesar 57 14% sedangkan pada frekuensi menjawab meningkat sebesar 85 72% pada frekuensi memberi tanggapan menurun hingga 50% dan pada frekuensi memberi sanggahan terjadi peningkatan yang tinggi sebanyak 250% hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada Siklus II mengalami peningkatan pada frekuensi menjawab. Selain itu penelitian ini menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II. Pada siklus 1 Peningkatan nilai rata-rata dari pre-test 70 70 dan post-test sebesar 71 64. Pada siklus 2 peningkatan nilai rata-rata dari pre-test 77 94 dan post-test sebesar 79 11. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi Guru Kewirausahaan di SMK ARDJUNA 1 hendaknya mulai mencoba menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam proses pembelajaran karena dengan menggunakan model pembelajaran PBL aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat (2) Bagi Kepala Sekolah SMK ARDJUNA 1 hendaknya lebih memfasilitasi sarana dan prasarana pembelajaran misalnya dengan menambah literatur buku mata pelajaran di perpustakaan supaya siswa lebih tertarik untuk belajar. (3) Bagi Siswa khususnya siswa kelas X Jurusan Bisnis dan Manajemen SMK ARDJUNA 1 pada saat pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning (PBL) perlu meningkatkan keberanian dalam mengajukan pertanyaan maupun berargumentasi guna lebih memahami terhadap materi yang dipelajari. (4) Bagi Peneliti berikutnya diharapkan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan pembelajaran dengan model yang sama pada mata pelajaran yang sama/beda namun dalam tempat yang berbeda untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27778

Actions (login required)

View Item View Item