Arisukma, Fitria (2012) Penerapan pembelajaran model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar (studi pada standar kompetensi melaksanakan komunikasi bisnis kelas x program keahlian pemasaran SMK Ma'arif NU 04 Pakis Kabupaten Malang) /. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Motivasi Hasil belajar Pembelajaran kooperatif bukan hanya sebuah teknik pengajaran yang ditujukan untuk meningkatkan pencapaian prestasi para siswa namun juga menciptakan keceriaan lingkungan yang pro sosial di dalam kelas yang merupakan salah satu manfaat penting untuk memperluas perkembangan interpersonal dan keefektifan. Hasil pengamatan di kelas X program keahlian pemasaran SMK Ma arif NU 04 Pakis Kabupaten Malang dengan standar kompetensi melaksanakan komunikasi bisnis ditemukan motivasi siswa rendah dalam belajar dan berdampak pada rata-rata hasil belajar siswa ranah kogitif tergolong rendah. Berdasarkan hasil ulangan harian siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 8805 75 sebanyak 11 siswa sedangkan sisanya yaitu 17 siswa dikatakan belum tuntas belajar. Adapun tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan pembelajaran model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) motivasi dan hasil belajar siswa setelah penerapan model CIRC serta kendala yang dihadapi dan solusi pemecahan yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa ranah kognitif. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas X program keahlian Pemasaran SMK Ma arif NU 04 Pakis Kabupaten Malang sebanyak 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan dilihat dari tindakan guru pada siklus I memperoleh presentase 90 48% sedangkan pada siklus II memperoleh presentase 97 62% kedua siklus masuk dalam kategori A yang berarti Sangat Baik . Motivasi siswa setelah penerapan model CIRC terlihat cukup meningkat dari hasil angket pada siklus I memiliki nilai rata-rata 74 15% sedangkan pada siklus II naik menjadi 81 96%. Sedangkan hasil belajar ranah kogitif yang sebelumnya rendah dimana nilai rata-rata kelas 67 25% dengan terdapat 17 siswa yang tidak tuntas dalam belajar kemudian setelah penerapan model CIRC nilai rata-rata kelas meningkat pada siklus I sebesar 70 29% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa dan siklus II bertambah naik menjadi 82 61% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi guru SMK Ma arif NU 04 Pakis Kabupaten Malang pembelajaran kooperatif model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat digunakan sebagai alternatif pilihan dalam praktik pembelajaran guru perlu menyediakan buku literatur guna memperlancar proses belajar siswa serta guru sangat iii dibutuhkan untuk memberi pengarahan pada siswa agar siswa lebih percaya diri sehingga diharapkan berdampak pada motivasi dan hasil belajar siswa yang lebih baik (2) Bagi siswa pada saat pembelajaran perlu meningkatkan keaktifan bertanya maupun berpendapat agar lebih memahami materi dan membuat suasana di dalam kelas menjadi lebih hidup (3) Bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang lebih kreatif dan inovatif serta dalam pelaksanaan tindakan hendaknya lebih memperhatikan penggunaan waktu agar penelitian dapat berjalan baik sesuai rencana.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |