Nurman, Aimatus Solicha (2012) Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan minat bertanya dan hasil belajar (studi siswa kelas x pemasaran 2 pada standar kompetensi memahami prinsip- prinsip bisnis SMK Negeri 1 Turen) / Aimatus Solicha Nurman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Snowball Throwing Minat Bertanya dan Hasil Belajar Kegiatan bertanya merupakan bagian penting dalam melaksanakan pembelajaran dimana kegiatan bertanya berfungsi untuk menggali informasi dari siswa mengkonfirmasi apa yang sudah diketahui dan mengarahkan perhatian pada aspek yang belum diketahuinya. Berdasarkan hasil wawancara dengan Ibu Susiatining Rahayu S.Pd (Guru Standar Kompetensi Memahami Prinsip-Prinsip Bisnis) kondisi dalam kelas X Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Turen yang kurang antusias dalam mengajukan pertanyaan perlu adanya tindakan menggunakan model pembelajaran yang sesuai salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat bertanya siswa adalah model pembelajaran Snowball Throwing. Model Pembelajaran Snowball Throwing melatih siswa untuk lebih tanggap menerima pesan dari orang lain dan menyampaikan pesan tersebut kepada temannya dalam satu kelompok. Langkah-langkah pembelajaran Snowball Throwing terdiri dari 1) Guru menyampaikan pengantar materi 2) Guru membentuk siswa berkelompok dan memanggil ketua kelompok 3) Ketua kelompok kembali ke kelompok masingmasing dan memberikan penjelasan yang disampaikan guru 4) Siswa dibagikan lembar untuk membuat pertanyaan 5) Lembar pertanyaan dibuat seperti bola dan dilempar ke sesama siswa 6) Siswa menjawab pertanyaan yang diperoleh 7) Evaluasi dan 8) Penutup. Dalam penelitian ini terdapat 4 tujuan penelitian keempat tujuan tersebut meliputi 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing 2) Untuk mengetahui minat bertanya siswa 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa 4) Untuk mengetahui kendala-kendala dan solusinya dalam menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan di kelas X Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Turen yang berjumlah 37 siswa. Dalam penerapan Snowball Throwing terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan tahap tindakan tahap observasi dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data minat bertanya dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi minat bertanya dan untuk hasil belajar siswa menggunakan tes pada ulangan harian I dan II. Analisis data menggunakan reduksi data display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dilaksanakan dengan 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tahap pelaksanaan tahap observasi dan tahap refleksi 2) Minat bertanya siswa pada siklus I memperoleh skor 741 angka atau 66 8% yang masuk dalam kriteria Baik dan meningkat pada Siklus II menjadi 1006 angka atau mencapai ii 90 6% dengan kategori Baik Sekali 3) Hasil belajar siswa pada Ulangan Harian I adalah 57 8% untuk Ulangan Harian Siklus II ketuntasan meningkat menjadi 73 0% kriteria ketuntasan pada siklus II ini masuk dalam kategori Baik 4) Kendala-kendala yang dialami peneliti antara lain keseriusan siswa yang kurang kurang patuhnya siswa dengan perintah guru dan kepercayaan diri siswa yang kurang. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain 1) Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dilaksanakan dengan 2 siklus dimana pelaksanaan masingmasing siklus berjalan dengan lancar 2) Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan minat bertanya 3) Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar dan 4) Kendala yang muncul antara lain keseriusan siswa yang kurang kurang patuhnya siswa dengan perintah guru kepercayaan diri siswa yang kurang. Saran yang diajukan peneliti yaitu 1) Untuk Kepala sekolah SMK Negeri 1 Turen penerapan Model Snowball Throwing dapat dijadikan alternatif model pembelajaran karena terbukti dapat meningkatkan minat bertanya dan hasil belajar 2) Jika guru menerapkan Model pembelajaran Snowball Throwing perlu memotivasi siswa agar lebih aktif dalam kegiatan belajar dan memperbaiki pelaksaan tindakan dengan memberikan penjelasan mengenai penerapan model pembelajaran Snowball Throwing agar siswa yang masih pertama mengenal model tidak bingung dengan kegiatan belajar 3) Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk menerapkan Model Pembelajaran Snowball Throwing pada standar kompetensi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Sep 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27775 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |