Penerapan kolaborasi model pembelajaran Jigsaw dengn Mind Mapping sebagai upaya peningkatan prestasi belajar (Studi kasus pada siswea kelas XI Patiseri SMK Negeri 3 Blitar pada mata pelajaran Kewirausahaan) / Desi Natalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi model pembelajaran Jigsaw dengn Mind Mapping sebagai upaya peningkatan prestasi belajar (Studi kasus pada siswea kelas XI Patiseri SMK Negeri 3 Blitar pada mata pelajaran Kewirausahaan) / Desi Natalia

Natalia, Desi (2012) Penerapan kolaborasi model pembelajaran Jigsaw dengn Mind Mapping sebagai upaya peningkatan prestasi belajar (Studi kasus pada siswea kelas XI Patiseri SMK Negeri 3 Blitar pada mata pelajaran Kewirausahaan) / Desi Natalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Jigsaw Mind Mapping Peningkatan Prestasi Belajar Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa pembelajaran yang diterapkan di SMK Negeri 3 Blitar pada Mata Pelajaran Kewirausahaan masalah yang mendasar dialami siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung adalah (1) pada saat guru menjelaskan materi dan melakukan tanya jawab keterlibatan peserta didik tergolong rendah (2) mayoritas peserta didik cenderung pasif dan pendiam sehingga suasana belajar terkesan membosankan dan kurang menyenangkan (3) guru belum pernah menerapkan model pembelajaran Jigsaw dan Mind Mapping di kelas XI Patiseri (4) metode pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini adalah ceramah dan penugasan (5) guru menyampaikan materi secara mendikte karena materi terlalu panjang dan banyak siswa banyak mengeluh karena mendiktenya terlalu cepat dan membuat capek. Hal itu membuat siswa tidak mencatat sehingga siswa tidak memiliki catatan untuk dipelajari pada saat menjelang ujian. Akibatnya nilai yang diperoleh juga kurang maksimal. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus tiap siklus dilaksanakan 1 kali pertemuan. Tahap-tahap Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi hasil tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Patiseri pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Negeri 3 Blitar yang berjumlah 36 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan data dianalisis secara deskriptif. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data melalui tes observasi wawancara dan dokumentasi. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang disempurnakan adalah model pembelajaran yang mengarah pada siswa untuk lebih aktif interaktif inspiratif dan menyenangkan untuk menemukan sendiri pengetahuan dan keterampilan serta sikap melalui berbagai aktivitas belajar di dalam proses pembelajaran misalnya model pembelajaran Jigsaw dengan Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kolaborasi model pembelajaran Jigsaw dengan Mind Mapping sebagai upaya peningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI Patiseri SMK Negeri 3 Blitar pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar siswa baik pada pre test maupun post test. Diketahui bahwa rata-rata skor tes siswa pada siklus I sebelum diterapkan Kolaborasi pembelajaran Jigsaw dengan Mind Mapping adalah 40 39 dengan skor tertinggi 65 dan jumlah siswa yang tuntas belajar (Skor 8805 75) tidak ada atau keseluruhan dari jumlah siswa yang hadir belum tuntas belajar. Setelah diterapkan Kolaborasi Pembelajaran Model Jigsaw dengan Mind Mapping rata-rata skor siswa meningkat menjadi 70 83 dengan skor tertinggi sebesar 85 dan jumlah siswa yang tuntas belajar (Skor 8805 75) sebanyak 14 siswa. Sedangkan pada siklus II rata-rata skor tes siswa sebelum diterapkan kolaborasi pembelajaran Jigsaw dengan Mind Mapping adalah 75 69 dengan skor tertinggi 85 dan jumlah siswa yang tuntas belajar (Skor 8805 75) sebanyak 28 siswa. Setelah diterapkan kolaborasi pembelajaran Jigsaw dengan Mind Mapping rata-rata skor siswa meningkat menjadi 90 29 dengan skor tertinggi sebesar 100 dan jumlah siswa yang tuntas belajar (Skor 8805 75) sebanyak 36 siswa atau keseluruhan dari jumlah siswa yang hadir telah tuntas belajar. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan hasil post test siklus I dan hasil post test siklus II meningkat sebesar 19 46%. Sejalan dengan itu peningkatan rata-rata nilai hasil belajar dari aspek kognitif pada siklus 1 (81 71%) ke siklus II (91 85%) dimana seluruh siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dengan Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI Patiseri SMK Negeri 3 Blitar pada mata pelajaran Kewirausahaan dengan pokok bahasan Produk dan Jasa. Bagi guru mata pelajaran Kewirausahaan disarankan menggunakan model pembelajaran tersebut sebagai variasi dalam mengajar sedangkan bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat lebih memodifikasi dan mengembangkan model pembelajaran Jigsaw dengan Mind Mapping agar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27773

Actions (login required)

View Item View Item