Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (Studi kasus pada siswa kelas X Multimedia I SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Muchamad Abdul Rochim - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (Studi kasus pada siswa kelas X Multimedia I SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Muchamad Abdul Rochim

Rochim, Muchamad Abdul (2012) Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan (Studi kasus pada siswa kelas X Multimedia I SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Muchamad Abdul Rochim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Group Investigation (GI) Motivasi Hasil Belajar Model pembelajaran Group Investigation (GI) merupakan model pembelajaran kompleks karena memadukan antara prinsip belajar kooperatif dengan pembelajaran yang berbasis konstruktivisme dan prinsip pembelajaran demokrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model Group Investigation (GI) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan siswa kelas X Multimedia I SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam mengikuti model pembelajaran Group Investigation mengalami peningkatan pada setiap siklusnya sebesar 19 72%.Hal ini menunjukan bahwa siswa termotivasi terhadap pembelajaran kewirausahan dengan menggunakan model ini Rata-rata kelas pada aspek kognitif mengalami kenaikan sekitar 8 65 % yang berarti peningkatan ini cukup signifikan. Sedangkan nilai rata-rata kelas pada aspek afektif juga mengalami kenaikan sebesar 11 45%. Rasa kurang percaya diri siswa banyaknya siswa yang masih pasif dan kurangnya bekerja sama dalam kelompok merupakan beberapa hambatan dalam proses penerapan Group Investiagation. Saran yang dapat diberikan peneliti dari penelitian yang telah dilakukan ini kepada pihak sekolah supaya tidak hanya memakai metode konvensional saja dalam pembelajaran sehari-hari tetapi juga memakai metode kooperatif agar siswa lebih aktif di dalam proses pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27772

Actions (login required)

View Item View Item