Analisis kepuasan pengguna lulusan SMK Muhammadiyah 2 Kota Malang Program Keahlian Pemasaran / Sri Endrayana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kepuasan pengguna lulusan SMK Muhammadiyah 2 Kota Malang Program Keahlian Pemasaran / Sri Endrayana

Endrayana, Sri (2012) Analisis kepuasan pengguna lulusan SMK Muhammadiyah 2 Kota Malang Program Keahlian Pemasaran / Sri Endrayana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kepuasan pengguna lulusan SMK Muhammadiyah 2 Kota Malang program keahlian pemasaran Kepuasan pengguna merupakan sesuatu yang sangat penting dalam dunia usaha dan industri begitu pula dengan pendidikan. Kepuasan pengguna akan lulusannya menjadi salah satu cara dalam memberikan penilaian mutu. SMK Muhammadiyah 2 Kota Malang merupakan lembaga pendidikan vokasi yang memiliki Program Keahlian Pemasaran. Peneliti menyadari bahwa penelitian mengenai kepuasan pengguna lulusan pendidikan vokasi Program Keahlian Pemasaran ini belum ada sehingga penelitian ini perlu dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui relevansi kompetensi dengan bidang pekerjaan kepuasan pengguna lulusan dan kompetensi yang diperlukan oleh pengguna lulusan terhadap lulusan SMK Muhammadiyah 2 Kota Malang Program Keahlian Pemasaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis field research. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang berperan sebagai perencana pelaksana pengumpul data penganalisis penyimpul dan pelapor hasil penelitian. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan triangulasi metode dan sumber diskusi teman sejawat dan menggunakan bahan referensi (audio visual dan naskah). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama kompetensi dengan bidang pekerjaan dari lulusan SMK Muhammadiyah 2 Kota Malang program keahlian pemasaran mayoritas relevan. Mayoritas dari mereka bekerja pada level lini pertama dimana kemampuan teknik yang lebih dominan digunakan. Relevansi ini dilihat dari kompetensi dengan bidang pekerjaan kompetensi dengan job description lulusan dan kemanfaatan kompetensi yang diajarkan. Kedua kepuasan dari pengguna lulusan dalam hal ini adalah pihak dunia usaha dan industri mayoritas belum puas. Sedangkan dari konsumen yang dilayani telah merasa puas. Ketidakpuasan ini disebabkan oleh harapan dari pengguna lebih tinggi dibandingkan dengan kenyataan yang ada. Ketidakpuasan/kepuasan yang diungkapkan oleh dunia usaha dan dunia industri serta konsumen yang dilayani mengarah pada soft skill lulusan. Ketiga kompetensi yang diperlukan oleh dunia usaha dan dunia industri adalah kemampuan soft skill dan hard skill. Soft skill yang diperlukan diantaranya adalah jujur tanggungjawab disiplin manajemen waktu kreatif sopan santun mampu mempertahankan pelanggan mengetahui karakter konsumen mampu berkomunikasi dengan baik serta memiliki etika. Sedangkan hard skill yang diperlukan adalah kemampuan mengoperasikan alat transaksi dan administrasi penjualan. Namun kebutuhan hard skill ini akan berbeda dari setiap jenis usaha sehingga tentunya menyesuaikan bidang usaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27771

Actions (login required)

View Item View Item