Penerapan model pembelajaran think pair and share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi membuka usaha eceran/ritel kelas X PMS di SMK Ma'arif NU 04 Pakis Kab. Malang / Beny Alif Ayu Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran think pair and share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi membuka usaha eceran/ritel kelas X PMS di SMK Ma'arif NU 04 Pakis Kab. Malang / Beny Alif Ayu Wijaya

Wijaya, Beny Alif Ayu (2012) Penerapan model pembelajaran think pair and share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi membuka usaha eceran/ritel kelas X PMS di SMK Ma'arif NU 04 Pakis Kab. Malang / Beny Alif Ayu Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Think Pair And Share Hasil Belajar Siswa. Model pembelajaran yang berkembang saat ini adalah pembelajaran kooperatif salah satunya adalah Think Pair and Share. Model ini memberikan kesempatan pada siswa untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas X PMS SMK Ma arif NU 04 Pakis terdapat permasalahan pembelajaran antara lain (1) kurangnya antusias siswa untuk belajar siswa cenderung menerima apa saja yang disampaikan oleh guru (2) guru lebih banyak mendikte dan siswa mencatat dikarenakan tidak semua siswa memiliki buku panduan (3) partisipasi siswa dalam proses belajar di dalam kelas rendah dikarenakan siswa kurang merespon selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tidakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah 28 siswa kelas X PMS SMK Ma arif NU 04 Pakis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi wawancara tes catatan lapangan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar aspek kognitif sebesar 75 78% sedangkan pada siklus II sebesar 86 11%. Peningkatan terjadi sebesar 10 33%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Think Pair and Share pada standar kompetensi membuka usaha eceran/ritel pada kelas X SMK Ma arif NU 04 Pakis dilakukan dengan tiga tahap yaitu think pair dan share (2) Penerapan model pembelajaran Think Pair and Share pada standar kompetensi membuka usaha eceran/ritel pada kelas X SMK Ma arif NU 04 Pakis dapat meningkatkan hasil belajar siswa aspek kognitif (3) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Think Pair and Share sangat baik dan positif (4) Kendala yang dihadapi pada model pembelajaran Think Pair and Share adalah siswa belum terbiasa dengan pembelajaran ini sehingga penerapan pada tahap think pair dan share menjadi kurang maksimal. Untuk mengatasinya peneliti memberikan motivasi kepada siswa agar tetap aktif dan percaya diri selama pembelajaran. Adapun saran yang diberikan antara lain (1) Bagi SMK Ma arif NU 04 Pakis perlu menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran misalnya dengan menambah literatur buku standar kompetensi membuka usaha eceran/ritel (2) Bagi guru standar kompetensi membuka usaha eceran/ritel hendaknya mulai mencoba menerapkan model pembelajaran Think Pair and Share agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran (3) Bagi siswa kelas X PMS SMK Ma arif NU 04 Pakis perlu meningkatkan keberanian dalam mengajukan pertanyaan maupun berargumentasi guna lebih memahami terhadap materi yang dipelajar (4) Bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan menerapkan secara jelas sintaks/langkah-langkah model pembelajaran Think Pair and Share dan bisa menambahkan media pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27770

Actions (login required)

View Item View Item