Sulfa, Devi Mariya Sulfa (2023) Efektivitas penerapan steam challenge based learning pada perubahan persepsi konservasi siswa mengenai manilkara kauki / Devi Mariya Sulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berkurangnya kesadaran konservasi generasi saat ini terjadi pada tanaman lokal yaitu Manilkara kauki atau sawo kecik. Tujuan penelitian ini yaitu sebagai upaya dalam mengubah persepsi konservasi siswa mengenai pentingnya Manilkara kauki serta memperkenalkan potensi lokal tersebut dalam pembelajaran. STEAM Challenge Based Learning merupakan model pembelajaran berbasis tantangan yang dapat mendukung upaya untuk mengubah persepsi konservasi siswa. Subyek penelitian berjumlah 26 siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan jenis embedded design. Pengumpulan data kuantitatif menggunakan one group pretest-posttest design sedangkan pengumpulan data kualitatif menggunakan esai reflektif. Didapatkan dari hasil perhitungan kuantitatif N-Gain Score mengalami peningkatan pada materi keanekaragaman hayati dan bioteknologi. Hasil analisis deskriptif angket kesadaran konservasi siswa menghasilkan persentase untuk asas perlindungan 81% (sangat kuat) asas pelestarian 65% (kuat) dan asas pemanfaatan 66% (kuat). Hasil kualitatif dari esai reflektif didapatkan gagasan konservasi spesies dari tema yang ditemukan di antaranya adalah persepsi siswa terkait keberadaan sawo kecik kesadaran peran tanaman sawo kecik dan upaya pelestarian yang dapat dilakukan. Pembelajaran yang telah diberikan dapat mengubah persepsi konservasi siswa pada asas perlindungan pelestarian dan pemanfaatan yang menjadi satu kesatuan dalam konservasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/277694 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |