Pengaruh LKS berbasis model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif dalam pembelajaran jarak jauh sistem respirasi bagi peserta didik Kelas XI SMA Laboratorium UM Malang / Muhammad Rifqi Taufiqurrahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh LKS berbasis model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif dalam pembelajaran jarak jauh sistem respirasi bagi peserta didik Kelas XI SMA Laboratorium UM Malang / Muhammad Rifqi Taufiqurrahman

Taufiqurrahman, Muhammad Rifqi (2022) Pengaruh LKS berbasis model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif dalam pembelajaran jarak jauh sistem respirasi bagi peserta didik Kelas XI SMA Laboratorium UM Malang / Muhammad Rifqi Taufiqurrahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebanyakan dalam pembelajaran guru mengajar kurang bervariasi dalam menerapkan model atau strategi pembelajaran terutama pada masa karantina yang disebabkan oleh virus COVID-19 dimana proses pembelajaran semakin sempit dikarenakan keterbatasan waktu dan tempat untuk pembelajaran tatap muka dan kurangnya fasilitas internet atau alat elektronik siswa untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sistem respirasi dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan lembar kerja siswa (LKS) terhadap hasil belajar siswa dalam kondisi pembelajaran jarak jauh tersebut. Penelitian pengembangan ini menerapkan desain penelitian dan metode Quasy Eksperiment. LKS yang dikembangkan divalidasi oleh guru pamong biologi SMA Laboratorium UM Malang dan subjek uji coba adalah siswa kelas XI-MIPA-3 dengan kelas XI-MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Hasil validasi menunjukkan LKS valid digunakan karena mempunyai nilai kevalidan rata-rata pada setiap aspek mencapai ge 3 25 dengan percentage of agreement mencapai ge 89%. Hasil penelitian pembelajaran menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol relatif sama dengan rata ndash rata nilai LKS ge 3 91 dan nilai ulangan harian ge 90 23 sedangkan hasil belajar afektif kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol pada aspek keaktifan kelompok dan keahlian penjelasan kelas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dibuktikan bahwa model PBL berbantuan LKS yang telah dikembangkan berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar afektif siswa dalam pembelajaran biologi sistem respirasi secara jarak jauh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277691

Actions (login required)

View Item View Item