Muhammad, Nur Athifah Aliah (2022) Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada materi ekosistem di SMAN 21 Makassar / Nur Athifah Aliah Muhammad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Aliah Athifah Nur 2022. Pengembangan E-Learning Untuk Meningkakan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah Pada Materi Ekosistem Di SMAN 21 Makassar. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sri Rahayu M.Si. (2) Siti Imroatul Maslikah S.Si. M.Si. Kata Kunci Pengembangan E-Learning Kemampuan berpikir kritis Pemecahan masalah Ekosistem. Peran guru dalam dalam memfasilitasi proses pembelajaran sangatlah penting untuk mengembangkan berbagai pengetahuan sikap dan keterampilan siswa salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Guru dituntut untuk mampu merancang pembelajaran yang efektif bermakna dan mengorganisasikan pembelajaran serta media pembelajaran yang tepat. Faktor penting untuk mencapai tujuan pendidikan salah satunya yakni melalui proses pembelajaran yang dilakukan. Proses pembelajaran berhubungan erat dengan media pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa silabus amp RPP yang disusun guru Biologi SMAN 21 Makassar dalam penerapannya di kelas masih belum terlaksana. Hasil media yang disusun guru Biologi pun masih belum memenuhi tuntutan Kurikulum 2013 Kompettensi dan Pembelajaran Abad 21 serta standar minimal yang tercantum dalam Permendikbud NO 22 Tahun 2016. Hasil tes soal berbasis pemecahan masalah pada siswa kelas X IPA yang telah menempuh materi ekosistem diperoleh perbandingan rerata nilai pada masing-masing aspek pemecahan masalah yang menunjukkan bahwa pada aspek identifikasi masalah dan identifikasi berbagai alternative solusi siswa termasuk dalam kategori cukup dan pada aspek berpikir kritis siswa termasuk kurang. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan maka penelitian ini berujuan unuk menghasilkan media pembelajaran E-learning berbasis aplikasi yang dapat meningkakan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa kelas X IPA SMAN 21 Makassar. Pengembangan E-Learning pada penelitian ini mengadaptasi model ADDIE (Branch 2009) yaitu meliputi tahap Analyze Design Develop Implement dan Evaluate. Data penelitian terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skol hasil validasi media pembelajaran skor angket respons uji kepraktisan skor tes kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Data kualitatif berupa saran dan komentator dari validator dan guru. Validasi dilakukan oleh dosen ahli media ahlimateri dan praktisi lapangan. Kemudian dilanjutkan lagi dengan uji kepraktisan dan keefektivan dilakukan dengan mengimplementasikan media pembelajaran di kelas X IPA 6 SMAN 21 Makassar dengan jumlah 32 siswa sedangkan uji kepraktisan dilakukan terhadap seluruh respons siswa dan guru. Hasil uji validasi media pembelajaran e-learning berbasis aplikasi memperoleh kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa media pembelajaran e-learning yang dikembangkan sangat praktis artinya produk yang dikembangkan menarik dan membantu siswa memahami materi ekosistem dengan presentase rata-rata sebesar 80% yang dapat meningkatkan semangat belajar dan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/277690 |
Actions (login required)
View Item |