Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X kompetensi Keahlian pemasaran pada standar kompetensi K3LH SMK Wisnuwardhana Malang) / Irine Veny Dwi Yudha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X kompetensi Keahlian pemasaran pada standar kompetensi K3LH SMK Wisnuwardhana Malang) / Irine Veny Dwi Yudha

Yudha, Irine Veny Dwi (2012) Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X kompetensi Keahlian pemasaran pada standar kompetensi K3LH SMK Wisnuwardhana Malang) / Irine Veny Dwi Yudha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Think Pair Share Kemampuan Komunikasi Hasil Belajar Kompetensi K3LH merupakan mata pelajaran produktif yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja yang siap bersaing didunia kerja. Dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran K3LH SMK Wisnuwardhana siswa di kelas tergolong siswa yang pasif kegiatan pembelajaran mengandalkan guru sehingga kemampuan komunikasi siswa kurang maksimal. Hal ini ditandai dengan kurangnya kemampuan siswa dalam mengungkapkan pendapat dan menanggapi pendapat teman kemudian menyimpulkan pembelajaran. Hasil ulangan harian siswa menunjukkan nilai rata-rata kelas masih rendah. Hal ini menandai bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebagai berikut. 1) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share 2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan 3) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar . Hal ini penting mengingat tidak semua siswa dapat mengembangkan kemampuan komunikasi yang merupakan aspek dari kecakapan hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Kompetensi Keahlian Pemasaran SMK Wisnuwardhana Malang tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 25 siswa. Tahap dalam penelitian ini (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi (4) refleksi di setiap siklusnya. Instrumen yang digunakan penelitian ini berupa (1) soal-soal post test (2) pedoman observasi aktivitas guru dan siswa (3) pedoman observasi kemampuan komunikasi (4) pedoman observasi hasil belajar aspek afektif (5) catatan lapangan dan (6) diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan model pembelajaran Think Pair Share telah dilaksanakan dengan dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan masing-masing siklus dengan empat tahapan 2) penerapan model pembelajaran Think Pair Share meningkatkan kemampuan komunikasi dan 3) penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari peningkatan pelaksanaan pembelajaran Think Pair Share yakni 80% pada siklus I meningkat menjadi 90% pada siklus II. Kemampuan komunikasi rata-rata siswa meningkat dari 50 1% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dilihat dari nilai rata-rata ujian siswa yang meningkat dari 68 pada siklus I dengan ketuntasan 40% menjadi 79 40 dengan ketercapaian belajar 100% pada siklus II. Berdasarkan peningkatan tersebut telah dilakukan uji inferensial perbedaan peningkatan rata-rata nilai post test siklus I dengan post test siklus II dengan hasil nilai t sebesar -4 002 dengan nilai sigifikansi 0 000. Nilai signifikansi tersebut dibawah nilai 945 0 05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara nilai post test siklus I dan siklus II Terdapat beberapa saran yaitu 1) bagi sekolah yang ingin menerapkan model pembelajaran Think Pair Share penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman dalam memberikan inovasi untuk peningkatan pelaksanaan pembelajaran. 2) bagi guru yang ingin menerapkan model pembelajaran Think Pair Share perlu mempertimbangkan (a) perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan baik (b) guru memilih materi yang sesuai karakteristiknya (c) guru memilih kelas dengan kondisi siswa yang tepat 3) bagi siswa sebagai inovasi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa 4) bagi peneliti lain mempertimbangkan beberapa yaitu (a) Perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang baik (b) Pemilihan karakteristik materi yang sesuai dengan model pembelajaran Think Pair Share dan (c) Penentuan subyek penelitian yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27769

Actions (login required)

View Item View Item