Pengaruh model pembelajaran role playing terhadap motivasi , hasil belajar kognitif dan keterampilan kolaborasi siswa kelas xi ips pada materi sistem pencernaan manusia di masa pandemi covid-19 / Hendrawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran role playing terhadap motivasi , hasil belajar kognitif dan keterampilan kolaborasi siswa kelas xi ips pada materi sistem pencernaan manusia di masa pandemi covid-19 / Hendrawan

Hendrawan (2022) Pengaruh model pembelajaran role playing terhadap motivasi , hasil belajar kognitif dan keterampilan kolaborasi siswa kelas xi ips pada materi sistem pencernaan manusia di masa pandemi covid-19 / Hendrawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang besar terhadap kualitas pembelajaran. Keadaan ini berdampak terhadap motivasi dan hasil belajar siswa serta berbagai keterampilan belajar abad-21 siswa terutama keterampilan kolaborasi siswa. Model role playing dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing terhadap motivasi hasil belajar kognitif dan keterampilan kolaborasi siswa pada materi Sistem Pencernaan Manusia di masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan membandingkan kelas yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran role playing dan yang tidak menggunakannya. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dengan mengambil kelas XI IPS 1 A sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 B sebagai kelas kontrol berjumlah 34 siswa dengan masing-masing kelas berjumlah 17 siswa. Data penelitian diambil secara tes memberikan tes motivasi belajar siswa pretest-posttest hasil belajar kognitif siswa dan rubrik keterampilan kolaborasi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran role playing terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikansi 5 9 x 10 5 lt 0 05 dengan kuat uji sebesar 0 41 dengan kategori sangat kuat hasil belajar kognitif siswa dengan nilai signifikansi 6 5x10 6 lt 0 05 dan kuat uji 0 486 dengan kategori sangat kuat dan keterampilan kolaborasi siswa degan nilai signifikansi 2 3 x 10 12 lt 0 05 dan kuat uji seesar 0 79 dengan kategori sangat kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/277689

Actions (login required)

View Item View Item