Penerapan model pembelajaran cooperative learning snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pelayanan prima (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Yulianita Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran cooperative learning snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pelayanan prima (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Yulianita Rahayu

Rahayu, Yulianita (2012) Penerapan model pembelajaran cooperative learning snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pelayanan prima (studi pada siswa kelas X Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Yulianita Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model pembelajaran Cooperative Learning Snowball Throwing hasil belajar dan aktivitas belajar Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil wawancara guru dan pengamatan awal di kelas menunjukkan bahwa selama ini guru mata pelajaran Pelayanan Prima kelas X Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang mengajar dengan menggunakan metode ceramah dan belum pernah menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Snowball Throwing. Oleh karena itu dengan melihat permasalahan yang dialami saat proses belajar di kelas perlu dilakukan proses belajar mengajar dengan menggunakan suatu model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran Cooperative Learning Snowball Throwing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas X PMS SMK Muhammadiyah 2 Malang. Teknik pengambilan dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi pedoman wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model alur. Tujuan dilakukan penelitian dalam penerapan pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing pada mata pelajaran Pelayanan Prima adalah (1) Peneliti menerapkan kepada siswa di kelas tentang metode pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing (2) Peneliti melihat adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa setelah model pembelajaran Snowball Throwing di kelas (3) Peneliti melihat respon siswa baik dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Snowball Throwing yang dilakukan pada mata pelajaran Pelayanan Prima siswa kelas X Pemasaran SMK Muhammadiyah 2 Malang baik. Menunjukkan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dilihat dari aspek kognitif yaitu dengan taraf keberhasilan pada siklus I dilihat dari rata-rata kelas diperoleh 92 37 dan pada siklus II yang nilai rata-rata kelas diperoleh 81 48. Kriteria hasil tes ini dapat dikatakan baik. Sedangkan dilihat dari aktivitas siswa pada siklus I berdasarkan 2 pengamat diperoleh 62 89% dan untuk siklus II diperoleh 67 97% . Pada penilaian afektif telah diperoleh peningkatan hasil dari pertemuan 1 hingga pertemuan 4 yaitu pada pertemuan awal diperoleh 81 30% dan selanjutnya pada pertemuan berikutnya diperoleh hasil secara berurutan 68 90% 82 11% 83 33%. Berdasarkan hasil penemuan pada penelitian tersebut dapat disarankan bahwa dalam menerapkan model Cooperative Learning Snowball Throwing dapat menjadi metode alternative dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Untuk siswa agar lebih dapat berperan aktif dalam proses belajar mengajar di kelas. Sedangkan bagi peneliti sendiri adanya penelitian menggunakan model pembelajaran snowball throwing dapat dijadikan referensi ketika menjadi guru nantinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27766

Actions (login required)

View Item View Item