Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan kelas X Program Keahlian APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Santi Oktaviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan kelas X Program Keahlian APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Santi Oktaviani

Oktaviani, Santi (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan kelas X Program Keahlian APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen / Santi Oktaviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Group Investigation dan hasil belajar. Model Group Investigation merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di dalam kelas. Di dalam pembelajaran ini siswa dapat beriteraksi dengan cara mengemukakan pendapatnya saling berkerja sama dapat menganalisis suatu masalah berkomunikasi dengan baik dan menyelesaikan tugas dengan benar dan tepat. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan menguji penggunaan metode Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Penelitian ini dilakukan 2 siklus tiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) Pengamatan dan 4) Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa meskipun pada siklus I masih mengalami penurunan. Salah satu hambatan dalam menerapkan model pembelajaran Group Investigation yaitu Siswa masih kurang percaya percaya diri dalam mengerjakan soal jadi guru harus lebih memotivasi siswa agar siswa lebih bersemangat lagi. Saran yang dapat diberikan yaitu 1) bagi guru mata diklat kewirausahaan smk cendika bangsa kepanjen disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran group investigation pada materi merumuskan masalah menganalisis peluang usaha dan mengelolah usaha kecil karena siswa sangat antusias dan memberikan respon positif terhadap pembelajaran group investigation 2) bagi peserta didik pada saat pembelajaran kooperatif model group investigation diterapkan perlu adanya dorongan karena belum terbiasa dalam hal bertanya menjawab dan pemberian pendapat agar penguasaan materi yang diterima lebih baik. dorongan pada siswa tersebut berupa pemberian motivasi kepada siswa memberikan pancingan dengan pertanyaan atau minta pendapat dan memberikan hadiah atau reward. 3) bagi peneliti selajutnya untuk mengetahui hasil belajar siswa dapat dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan kompetensi dasar dan subyek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27765

Actions (login required)

View Item View Item