Ratih, Dewi (2012) Implementasi pembelajaran kooperatif model JIGSAW untuk meningkatkan proses dan hasil belajar (Studi pada siswa kelas XI Program Keahlian Pemasaran pada mata pelajaran pemasarabn barang dan jasa di SMK Islam Batu) / Dewi Ratih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Proses Belajar Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi di SMK Islam Batu menunjukkan bahwa pembelajaran yang diterapkan didominasi dengan penggunaan metode konvensional melalui ceramah dan tanya jawab. Penggunaan metode ini menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang mandiri dalam belajar. Oleh karena itu perlu adanya sebuah pembaharuan pembelajaran untuk mengubah keadaan tersebut yaitu dengan penerapan pembelajaran kooperatif sehingga suasana belajar lebih kondusif dan tidak monoton. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi pembelajaran kooperatif model Jigsaw pada mata pelajaran Pemasaran Barang dan Jasa pada kelas XI Pemasaran di SMK Islam Batu (2) proses belajar siswa setelah penerapan model Jigsaw pada kelas XI Pemasaran di SMK Islam Batu (3) hasil belajar siswa setelah penerapan model Jigsaw pada kelas XI Pemasaran di SMK Islam Batu (4) kendala-kendala dalam penerapan model Jigsaw pada kelas XI Pemasaran di SMK Islam Batu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Pemasaran di SMK Islam Batu yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes wawancara observasi dokumentasi catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Data Reduction (Reduksi Data) Data Display (Penyajian Data) dan Conclusion Drawing (Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw telah dilaksanakan di kelas XI Pemasaran SMK Islam Batu pelaksanaan model tersebut dilakukan melalui 2 siklus (2) Implementasi pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan proses belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase rata-rata siklus I sebesar 68 07% meningkat menjadi 88 3% pada siklus II (3) Implementasi pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase hasil belajar aspek kognitif dan afektif. Peningkatan persentase aspek kognitif pra tindakan sebesar 30 76% meningkat menjadi 61 53% pada siklus I kemudian meningkat menjadi 92 31% pada siklus II. Demikian juga aspek afektif juga mengalami peningkatan dari pra tindakan sebesar 69 81% meningkat menjadi 84 65% pada siklus I kemudian meningkat menjadi 92 31% pada siklus II (4) Penelitian ini tidak mungkin bisa berjalan lancar pasti ada kendala dan solusi untuk memecahkan kendala tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran kooperatif model Jigsaw telah dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdapat 2 pertemuan di kelas XI pemasaran SMK Islam Batu pelaksanaan model tersebut dilakukan melalui beberapa tahapan (2) pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan proses belajar pada siswa kelas XI Pemasaran di SMK Islam Batu (3) pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI Pemasaran di SMK Islam Batu (4) kendala-kendala yang dihadapi dalam penelitian ini antara lain siswa kurang aktif tidak berani menyampaikan pendapat kurang percaya diri dan terbatasnya waktu yang disediakan sekolah. Peneliti menyarankan (1) Bagi SMK Islam Batu hendaknya mulai menerapkan pembelajaran kooperatif model Jigsaw di dalam proses pembelajaran (2) Bagi guru Pemasaran barang dan Jasa SMK Islam Batu jika menerapkan pembelajaran kooperatif model Jigsaw hendaknya dapat memberikan motivasi agar siswa tidak pasif mau mengungkapkan pendapatnya serta memberikan pengarahan saat pergantian kelompok (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat melakukan manajemen waktu dengan baik dan memberikan penguatan untuk meningkatkan motivasi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27763 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |